HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

1.406 pelajar di Mimika ikut UNBK

 

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menyematkan tanda peserta UNBK pada perwakilan siswa dari beberapa SMK di Timika, Senin (16/3/2020). (ANTARA/Evarianus Supar)

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Timika, Jubi – Sebanyak 1.406 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mulai Senin pagi (16/3/2020) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2019/2020.

Ketua Panitia Ujian Nasional tingkat Kabupaten Mimika Manto Ginting di Timika, mengatakan kegiatan UN tingkat SMK di Mimika dan Papua pada umumnya tetap berjalan sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Pelaksanaan UN tingkat SMK di Mimika dan Papua tetap mengacu pada jadwal yang dikeluarkan oleh Kemendikbud yaitu mulai hari Senin hingga Kamis (19/3). Mudah-mudahan tidak ada hambatan dalam pelaksanaan UN tingkat SMK ini,” kata Manto.

Menurut dia, peserta UN tingkat SMK di Mimika seluruhnya berjumlah 1,470 orang, sebanyak 1.406 di antaranya mengikuti UNBK, sementara sisanya masih menggunakan mekanisme Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Dari 24 SMK di Mimika, sebanyak 22 sekolah sudah bisa mengikuti UNBK, sementara dua sekolah masih menggelar UNKP yaitu SMK Santo Don Bosco dan SMK Penerbangan.

Dari 22 sekolah penyelenggara UNBK, empat sekolah masih menumpang mengikuti UNBK pada sekolah induk yaitu SMK Pelayaran dan SMK Negeri 5 Mimika mengikuti UNBK di SMK Amamapare. Sementara SMK Negeri 4 dan SMK YPPGI mengikuti UNBK di SMK Tunas Bangsa.

Loading...
;

Manto mengatakan jajarannya telah berkoordinasi dengan pihak PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Timika dan PT Telkom Cabang Timika guna memastikan pasokan listrik dan jaringan internet ke sekolah-sekolah penyelenggara UNBK tidak bermasalah.

“Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UNBK ini kami sudah berkoordinasi dengan PLN dan Telkom. Mereka selalu turun untuk mengecek ke sekolah-sekolah, bahkan pimpinan mereka turun langsung. Sepanjang tidak ada gangguan jaringan, kami optimistis tidak ada hambatan berarti soal listrik dan jaringan internet selama penyelenggaraan UNBK tahun ini,” kata Manto.

Anggota Tim Teknisi UNBK Kabupaten Mimika Abraham Letsoin mengatakan sebagian sekolah penyelenggara UNBK menggelar ujian nasional dengan tiga sesi lantaran keterbatasan fasilitas komputer.

Sesi satu dimulai pukul 07.30 WIT, sesi dua dimulai pukul 10.30 WIT dan sesi tiga dimulai pukul 14.00 WIT.

Abraham mengatakan tahun ini peserta yang terlambat lebih dari satu jam untuk mengikuti UNBK sesi satu, dua dan tiga maka dapat mengikuti ujian pada sesi empat yang dimulai pada pukul 16.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT.

Meskipun UN (UNBK atau UNKP) bukan merupakan penentu kelulusan seorang siswa, namun peserta wajib mengikutinya agar bisa dinyatakan lulus.

Penyelenggaraan UN untuk semua tingkatan pendidikan (SD-SLTA) merupakan yang terakhir digelar tahun ini sebab Kemendikbud telah memutuskan untuk menghapus kegiatan tersebut.

“Untuk tahun depan mekanismenya seperti apa, kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut. Yang jelas, pengganti kegiatan UN yaitu Asesmen Kompetensi Minimal (AKM),” jelas Manto dan Abraham.

Kegiatan UN tingkat SMK di Kabupaten Mimika dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob bertempat di SMK Negeri 3 Mimika pada Senin pagi.

Editor: Syam Terrajana

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa