Follow our news chanel

1.650 rumah hanyut akibat banjir di Lebak

Kerusakan wilayah akibat banjir bandang di Desa Naguya, Lebak, Banten, Rabu (1/1/2020) - Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.
1.650 rumah hanyut akibat banjir di Lebak 1 i Papua
Kerusakan wilayah akibat banjir bandang di Desa Naguya, Lebak, Banten, Rabu (1/1/2020) – Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Lebak, Jubi – Banjir bandang menghanyutkan sekitar 1.650 rumah warga di Kabupaten Lebak, Banten. Banjir yang melanda enam wilayah kecamatan itu terjadi pada dua pekan silam.

“Banjir bandang terjadi akibat luapan Sungai Ciberang.  Semua rumah yang hanyut itu berada di tepi aliran sungai,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Kaprawi, Rabu (15/1/2020).

Sebanyak enam kecamatan yang didera banjir bandang tersebut ialah Lebak Gedong, Cipanas, Sajira, Maja, Curugbitung, dan Cimarga. Berdasarkan data terkini BPBD Lebak, banjir yang disertai tanah longsor juga mengakibatkan lebih dari 1.100 rumah rusak berat. Selain itu,  230 rumah rusak sedang, dan 309 rumah rusak ringan.

Sebanyak tiga kantor desa, satu kantor kecamatan, serta lima jaringan irigasi juga dilaporkan rusak. Kemudian, sebanyak 27 jembatan, 890 hektare sawah, 7,5 hektare lahan hortikultura, dan 10,3 hektare lahan perikanan turut rusak akibat banjir dan longsor.

BPBD Lebak mencatat terdapat sembilan warga meninggal, dua orang hilang, satu orang luka berat, dan 66 orang luka ringan akibat bencana tersebut.  Sementara itu, terdapat sekitar 1.390 keluarga masih mengungsi hingga saat ini.

Pemerintah Kabupaten Lebak telah memperpanjang masa tanggap darurat bencana agar bisa memberikan pelayanan optimal kepada para korban banjir bandang dan longsor. “Kami tetap mengoptimalkan pelayanan dasar (bagi korban banjir dan longsor) dengan memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, pelayanan kesehatan, juga pemberian logistik,” kata Kaprawi. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top