100 Hari Pertama Toroama, capaian sesuai rencana

Presiden Bougainville Ishmael Toroama mempresentasikan laporan kemajuan dari 100 hari pertama kepemimpinannya. - Post-Courier

Papua No.1 News Portal | Jubi

Arawa, Jubi – Dalam 100 hari pertama memimpin, Presiden Bougainville Ishmael Toroama mengumumkan pemerintahnya telah memenuhi sejumlah capaian sejak September.

Pemerintah Otonom Bougainville (ABG) yang dipimpin Toroama merilis laporan kemajuan terbaru mengenai 100 hari pertama mereka pada Hari Tahun Baru, dimana hukum dan ketertiban serta pemulihan ekonomi akan menjadi prioritas utama mereka di tahun baru ini.

Dalam pidatonya, ia mengatakan sudah 80 hari berlalu setelah ia dilantik sebagai presiden dari Parlemen Bougainville yang ke-4 pada 25 September tahun lalu.

Toroama lalu mempresentasikan laporan kerja 100 hari pertama pemerintahannya di Parlemen Bougainville, Selasa ini (5/1/2020).

“Prioritas pemerintahan ini telah saya umumkan dalam pidato pelantikan saya.

“Saya berharap para menteri akan mengikuti prioritas saya dan menerapkannya melalui rencana departemen kalian masing-masing. Saya juga ingin anggota-anggota parlemen lainnya turut memahami prioritas saya,” katanya.

Loading...
;

“Prioritas saya kemudian dituliskan dalam rencana 100 hari ini, dimana ada 11 pilar yang sedang dilaksanakan oleh berbagai departemen.”

Pilar pertamanya adalah untuk membentuk pemerintahan dan kabinet yang baru; dan ini dicapai setelah Presiden Toroama menunjukkan kabinet penuhnya untuk 14 portofolio departemen di ABG.

Pemerintah Toroama melaporkan bahwa mereka telah memajukan persiapan kemerdekaan Bougainville yang saat ini berada pada tahap lanjut, namun, konsultasi berjalan lebih lambat dari yang diharapkan karena konteks politik nasional. ABG menegaskan mereka siap untuk kembali terlibat segera setelah situasi di Port Moresby stabil.

Presiden itu juga telah meluncurkan proyek batu kapur Manetai dan Proyek Pertanian Terpadu di Tonolei di Distrik Buin.

Presiden Toroama mengungkapkan bahwa ABG sedang meninjau usaha-usaha lainnya yang dulu gagal dan berupaya untuk menemukan cara agar dapat menghidupkannya kembali atau menutupnya untuk selamanya.

Dalam aspek hukum dan keadilan, Presiden Toroama telah mendorong dialog dengan faksi Konnou dan Tonu dan mendorong keduanya agar integrasi kembali ke Bougainville di bawah pemerintahan ABG. Pemerintah juga bertanggung jawab untuk mendanai dan meluncurkan perkantoran untuk tiga badan hukum dan pengadilan; Departemen Kehakiman dan Jaksa Agung – Pemasyarakatan Berbasis Komunitas, Kantor Pembela Umum, dan Departemen Kehakiman dan Layanan Hukum ABG di Arawa.

Seratus hari pertama kepresidenan Toroama difokuskan pada upaya untuk kembali menyejajarkan prioritas ABG di bawah strategi enam poin dalam mengembangkan Bougainville dan membuatnya siap untuk merdeka. (Post-Courier)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top