Follow our news chanel

14 tim ramaikan JSL Wamena

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Wamena, Jubi  Junior Super League (JSL) Wamena resmi dibuka, Sabtu (20/10/2018) di lapangan sepak bola HIS Wamena yang diikuti 14 tim dari berbagai Sekolah Sepak Bola (SSB) di Jayawijaya.

Peserta yang ikut JSL Wamena untuk ketegori usia 10, 11 dan 12 tahun ini dibagi menjadi beberapa tim. Kategori usia 10-11 tahun ada enam tim, dan untuk usia 12 tahun diikuti delapan tim.

Jimmy Saputro salah satu penggagas JSL Wamena mengatakan, liga ini menggunakan sistem kompetisi penuh yang akan berlangsung hingga November 2018.

“Kita main setiap akhir pekan, untuk usia 10-11 tahun bermain dengan delapan orang dengan waktu bermain 2×10 menit. Sedangkan usia 12 tahun tujuh orang yang main, dengan waktu 2×15 menit,” katanya.

Ia menjelaskan, JSL ini terinspirasi dari Small Sided Games (SSG) League Community yang telah digelar di Surabaya, Jawa Timur. Dalam beberapa tahun terakhir Jawa Timur dinilai unggul dalam ajang kejuaraan sepak bola usia dini.

“Kami juga mempersiapkan tim yang akan ikut pada Danone Cup Januari 2019 U-12, sehingga yang dipersiapkan anak-anak usia 10-12 tahun. Dan masing-masing SSB juga sangat mempersiapkan itu semua, agar anak-anak juga terbiasa dengan suatu turnamen,” katanya.

Loading...
;

Pelatih sekaligus pengurus SSB Bintang Muda Wamena, Taufik berharap apa yang telah digagas para pelatih SSB ini dapat menjadi perhatian pemerintah daerah, agar pembinaan sepak bola usia dini terus berjalan.

“Ini suatu gagasan yang baik, meskipun segala sesuatu merupakan kesepakatan dari para pelatih maupun wasit untuk buat liga ini,” katanya.

Ia pun berharap di tahun mendatang pemerintah dapat lebih memperhatikan berbagai kompetisi untuk anak, apalagi ia mempunyai impian suatu saat bisa melakukan liga seperti ini untuk semua anak-anak di pegunungan tengah Papua ini.

“Anak-anak ini bisa menjadi aset di daerah untuk bibit pesebak bolan suatu saat kelak, salah satu contoh ada dari sejumlah anak-anak yang selama ini sering dijumpai di jalanan bergabung dengan sejumlah SSB yang ada, sehingga ini sangat bagus,” ujar dia.

Selain itu tambahnya, fasilitas khususnya lapangan sepak bola pun menjadi salah satu kendala di Wamena sendiri. Pasalnya, setiap kali digelar turnamen maupun kompetisi bagi anak usia dini, sering alami kesulitan mencari tempat. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top