Follow our news chanel

1500 hektar kawasan cagar alam dan penyangga akan direhabilitasi

Resort Yongsu Desoyo, kawasan cagar alam yang hancur diterjang banjir bandang Maret lalu - Jubi/Engel Wally
1500 hektar kawasan cagar alam dan penyangga akan direhabilitasi 1 i Papua
Resort Yongsu Desoyo, kawasan cagar alam yang hancur diterjang banjir bandang Maret lalu – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Upaya pemulihan dan rehabilitasi cagar alam dan kawasan penyangga Robonghollo pada 2019 akan dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) serta sejumlah pihak lainnya meliputi empat resort yang telah ditetapkan seluas 100 hektar untuk kawasan cagar alam dan 500 hektar untuk kawasan penyangga.

Kepala Bidang Teknik Balai Besar KSDA Papua, Ashari D Masiki, mengatakan dari hasil survei timnya bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura di kawasan cagar alam, telah menginvetarisasi sejumlah lokasi yang akan dilakukan pemulihan dan rehabilitasi.

“Tentunya dalam melaksanakan agenda yang besar ini akan melibatkan masyarakat adat, termasuk PT Freeport untuk secara bersama-sama melakukan pemulihan dan rehabilitasi tersebut,” ujar Ashari, saat ditemui di Sentani, Selasa (25/6/2019).

Dikatakan, komitmen pemerintah sudah sangat jelas. Upaya awal yang dilakukan adalah sosialisasi dan survei serta memberikan solusi kepada masyarakat atas langkah yang akan ditempuh.

“Mengurus manusia juga tidak mudah, apalagi dalam jumlah yang banyak dan persebarannya di berbagai tempat. Tetapi apa yang menjadi komitmen pemerintah daerah sudah cukup jelas dan harus dilakukan untuk tindakan penyelamatan kawasan cagar alam,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menegaskan pada Juli mendatang aksi pembersihan yang direncanakan selama ini sudah harus dilakukan. Kawasan cagar alam Robonghollo tidak boleh ada aktivitas manusia di atasnya.

Loading...
;

“Masyarakat adat sudah membuat kesepakatan, pemerintah dibantu pihak keamanan, BKSDA, Polhut, Kehutanan, dan BPBD sudah siap. Hal ini untuk keselamatan kita semua yang berada di bawah ancaman permanen Gunung Robonghollo,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top