Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengimbau pedagang dan pembeli di Pasar Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua untuk menerapkan protokol kesehatan- Jubi/Ramah

1,6 persen penduduk Kota Jayapura terpapar Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan 1,6 persen pendudukan di Kota Jayapura, Provinsi Papua terpapar Covid-19 atau virus korona, yang mewabah sejak Maret 2020.

“Hari ini sudah ada 5 ribu lebih yang covid. Jangan main-main dengan Covid ini, sudah ada buktinya orang meninggal karena Covid,” ujar Rustan di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (16/11/2020).

Dikatakan Rustan, peningkatan pasien Covid-19 akibat kurangnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Dulu Agustus hanya sembilan orang per hari yang terpapar, Oktober jadi 30 orang per hari orang, November naik menjadi 40 orang per hari, maka itu harus hati-hati. Jangan jadi penyumbang virus untuk orang lain,” ujar Rustan.

Untuk itu, Rustan mengimbau warga supaya memakai masker supaya tidak tertular Covid-19, karena saat berbicara yang keluar dari mulut adalah droplet (cairan atau percikan), mikro droplet, aerosol.

“Kalau pakai masker jangan dikalungkan di leher, mulut tertutup masker tapi hidung terbuka. Ini sama saja, orang pakai celana tapi celananya tidak naik karena Covid masuk di tiga sisi, yaitu hidung, mulut, dan mata,” ujar Rustan.

Baca juga: Update 8 November: Pekan 45, 663 kasus baru dan 5 kematian di Biak Numfor

Loading...
;

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan insiden rate Covid-19 Kota Jayapura tertinggi di Indonesia.

“Kan per 1.00 ribu penduduk, sedangkan penduduk Kota Jayapura hanya 400 ribu lebih, sementara ini sudah 5 atau sudah lebih dari 1.000 orang lebih yang terpapar Covid-19,” ujar Antari.

Dikatakan Antari, Pemerintah Kota Jayapura gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tidak ingin ada lagi yang terpapar Covid ini. Tetap hidup sehat dan menjaga kebersihan, terapkan protokol kesehatan supaya kita bisa memutus penyebaran Covid agar kembali pada kehidupan normal,” ujar Antari. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top