2019, seluruh RS di Papua sudah harus terakreditasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai mengimbau kepada seluruh Rumah Sakit (RS) yang ada di kabupaten agar pada tahun 2019 mendatang sudah terakreditasi.

Hal ini penting untuk memberikan kepuasan soal pelayanan, mutu pelayanan dan keselamatan pasien dapat terjamin.

“Kita harus bangkit, jangan kita dianggap selalu terbelakang dengan daerah lain di Indonesia. Saya sudah berulang-ulang kali melakukan komunikasi dengan seluruh kepala RS baik di Provinsi maupun kabupaten/kota untuk terus lakukan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat agar ke depannya masyarakat kita bisa hidup sehat dan dapat memenuhi standar nasional,” kata Giyai kepada wartawan, Senin (12/11/2018) di Jayapura.

Selain menuntut agar seluruh RS harus terakreditasi, pada tahun 2020 seluruh Puskesmas di Papua wajib terakreditasi dan juga dirinya bangga bahwa seluruh petugas kesehatan yang bertugas di Puskesmas maupun RS bukan lagi lulusan D3 tetapi sudah S1.

“Ke depan kami juga berlakukan seluruh petugas kesehatan wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), kalau tidak yang bersangkutan akan dikategorikan sebagai pembantu perawat, atau pembantu bidan,” ujarnya.

Giyai mencontohkan RS Kwaingga di Kabupaten Keerom yang beberapa waktu lalu sudah mendapatkan akreditasi dengan peringkat bintang satu atau RS tipe D.

Loading...
;

“Ini patut dicontoh oleh RS yang belum terakreditasi,” katanya.

Sebelumnya, Direktur RSUD Kwaingga Beenadette Ekasoeci kepada Jubi, beberapa waktu lalu di Jayapura mengatakan, RS yang dipimpinnya telah melalui survei sejak 25 hingga 27 September 2018 lalu. Dari hasil survey dari Komisi Akreditasi didapati status lulus perdana dengan peringkat bintang satu.

Dikatakan dari hasil survey tersebut juga pihak komisi akreditasi memberikan beberapa rekomendasi untuk perbaikan strategis dalam tiga tahun ke depan guna memenuhi standar.

"Sebelum dilakukan survei memang kami lebih fokus pada program khusus dengan empat penilaian dari Pokja. Kami kebut dulu sembari membenahi yang lainnya," ujarnya. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top