24 ekor satwa liar sitaan dilepaskan ke Cagar Alam Cycloop

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Sentani, Jubi – Balai besar konservasi sumber daya alam (BBKSDA), WWF-Indonesia serta Polda Papua melepaskan 24 satwa liar sitaan di cagar alam cycloop.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Papua (BBKSDA) Provinsi Papua, Timbul Batubara mengatakan satwa-satwa liar yang ada di Gunung Cagar Alam Cycloop ini memerlukan ruang untuk dapat berkembang biar dan bertahan hidup di tanah ini.

“Sebenarnya di sini masalahnya. Pembalakan liar, pembakaran hutan dan perdagangan ilegal terhadap pohon-pohon, mengakibatkan isu banjir, tanah longsor, kekurangan air bersih meningkat saat ini,” kata Batubara, di Sentani Senin (15/10/2018).

Tokoh masyarakat Kampung Sereh, Amos Ondy mengatakan pelepasan satwa liar di Cycloop ini perlu dijaga bersama-sama.

“Kalau kita tidak lestarikan dan tidak menjaga seperti ini siapa lagi yang akan melakukannya. Tadi dimana tempat  pelepasan burung-burung yang dilakukan itu pohon-pohon saya yang tanam,” ucap Ondy yang juga penggiat lingkungan hidup cagar alam Cycloop.

Ia menjelaskan penyebab burung –burung saat ini tidak ada karena ulah manusia yang melakukan penebangan liar, dan pembunuhan satwa liar di hutan.

Loading...
;

“Kita mau salahkan siapa? Sekarang ini kalau pikiran baik itu, kita lestarikan hutan dan burung-burng yang kita lepaskan ini. Jangan secara kasar mereka tangkap biarkan mereka itu berkembang biak,” kata Amos Ondy.

Satwa yang dilepas antara lain.

Nuri Bayan (Eclectus Lory)  3 ekor, sitaan oprasi (TSL) BBKSDA Papua, pada 25 september 2016

Nuri kepala hitam (Lorius Lory) 2 ekor sitaan BPPHLHP, seksi wilayah III Jayapura, pada 07 Juni 2018

Nuri kepala hitam (Lorius Lory) 5 ekor sitaan BPPHLHP, seksi wilayah III Jayapura, 23 Juli 2018

Nuri coklat (Chalcopssitta Duvienbodel) 2 ekor sitaan BPPHLHP, seksi wilayah III Jayapura, 23 Juli 2018. Dan Merapati karang (Columba Livia) 12 ekor yang dilepas secara simbolis. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top