Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

25 hektare sawah panen, hasilkan 60 ton beras

Romanus Mbaraka sedang memantau dalam gudangnya yang berisi gabah usai kegiatan panen dilakukan – Jubi/Frans L Kobun
25 hektare sawah panen, hasilkan 60 ton beras 1 i Papua
Romanus Mbaraka sedang memantau dalam gudangnya yang berisi gabah usai kegiatan panen dilakukan – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi-  Salah seorang petani di Kabupaten Merauke, Romanus Mbaraka telah selesai memanen padi dari lahannya seluas 25 hektare di Kampung Sarsang, Distrik Tanah Miring. Kini gabah sedang dikeringkan, lalu menunggu penggilingan.

Saat ditemui Jubi di kediamannya  Selasa (12/5/2020), Romanus mengatakan, ia membutuhkan waktu kurang lebih seminggu untuk memanen sawah seluas itu. “Ya, saya mempunyai alat berupa harvester combine, sehingga kegiatan panen tak memakan waktu lama,” ujarnya.

25 hektare sawah panen, hasilkan 60 ton beras 2 i Papua

Menurut Romanus memperkirakan sekitar 60 ton beras akan didapatkan, setelah penggilingan dilakukan. Karena rata-rata setiap hektare akan menghasilkan gabah di antara 6-8 ton.

“Puji Tuhan, panen kali ini cukup baik. Karena setiap tangkai yang saya hitung, rata-rata  300 bulir,” ungkap Bupati Merauke periode 2011-2016 itu.

Untuk proses pengeringan, lanjut Romanus cukup baik. “Ya, karena  saya memiliki alat test kadar air dalam gabah. Lalu gudang saya untuk menampung gabah berkapasitas 3.000 ton,” katanya.

Ditanya berapa lama proses pengeringan, Romanus mengaku sekitar sebulan. Khusus penjualan, setelah proses penggilingan, selain ke Bulog Merauke, juga sejumlah kolega maupun mitra kenalannya yang siap mengambil.

Loading...
;

Frengky (35), salah seorang warga Merauke mengapresiasi kerja keras yang dilakukan mantan Bupati Merauke yang tetap bertani di sawah seperti biasa. “Tentunya ini menjadi suatu motivasi bagi kita yang lain untuk harus berusaha untuk bekerja,” ujarnya. (*)

Editor      :  Angela Flassy

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top