Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

27 tersangka demonstrasi rusuh di Kota Jayapura diserahkan ke Kejati Papua

27 tersangka demonstrasi rusuh di Kota Jayapura diserahkan ke Kejati Papua 1 i Papua
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal. Jubi/Ist

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sebanyak 27 tersangka dan barang bukti dalam kasus demonstrasi yang berujung rusuh di Kota Jayapura pada 29 Agustus 2019, diserahkan penyidik Polda Papua ke Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi atau JPU Kejati Papua.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan penyerahan tersangka dan barang bukti ke JPU dilakukan penyidik pada Rabu (16/10/2019).

“Berkas para tersangkan sudah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Tinggi Papua atau sudah tahap II. Nantinya kejaksaan yang akan melanjutkan ke proses persidangan di pengadilan. Kami akan monitor perkembangan proses hukum itu,” kata Kamal dalam keterangan persnya, Rabu (16/10/2019).

Ada pun inisial   para tersangka tersebut  yakni DH, RK, YW, MH, OH, RR, LB, LN, WW, YPS, IH, YMM, JW, EH, MA, AT, YL, ALM, AA, RT, PW, FE, PK, PM, FY, dan YA.

Para tersangka dijerat pasal pasal 160 KUHP, 170 KUHP, 365 KUHP, pasal 64 KUHP dan Undang-Undang Darurat nomor 12 tahun 1951.

“Ada beberapa tersangka lain yang berkasnya belum tahap II. Dalam waktu tak lama akan segera kami lengkapi,” ujarnya.

Loading...
;

Sementara itu, Direktur Aliansi Demokrasi Papua atau ALDP, Latifah Anum Siregar mengatakan ada beberapa kejanggalan yang belum terungkap di balik aksi demonstrasi di Deiyai, Kota Jayapura, dan Wamena, Kabupaten Jayawijaya beberapa waktu lalu.

Karena itu menurutnya, sejumlah kejanggalan itu mesti diungkap dan penegakan hukum mesti adil kepada semua pihak.

“Konteksnya adalah keadilan. Siapa saja mesti diberi rasa keadilan. Sepanjang penegakan hukum tidak adil dan profesional, tidak akan ada damai, tidak ada rekonsiliasi,” kata Anum.

Menurutnya, dalam menyelesaikan berbagai insiden di Papua belakang ini tidak cukup hanya bagaimana menciptakan perdamaian, akan tetapi mesti dilihat dari berbagai sisi dan konstruksinya harus benar-benar utuh. (*)

Editor: Syam Terrajana

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top