Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

286 ASN ikut ujian kenaikan pangkat

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Sebanyak 286 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan provinsi, kabupaten dan kota di Papua mengikuti ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua.

Sekretaris Badan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Papua, Helen Ronsumbre mengatakan materi yang akan diujikan dalam ujian kenaikan pangkat yakni, komprehensif I terdiri dari tes pengetahuan umum, tes bakat skolastik dan tes skala kematangan.

286 ASN ikut ujian kenaikan pangkat 1 i Papua

Selain itu, tes komprehensif II yang terdiri dari tes bahasa inggris dan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian khusus pendidikan SMA dan SMP terdiri dari tes bahasa Indonesia dan peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian.

“Jadi tidak semua yang lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah bisa diusulkan kenaikan pangkatnya, kecuali formasi mengijinkan,” kata Ronsumbre kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (31/8/2018).

Ia menjelaskan, yang dimaksud formasi mengijinkan adalah bagi pegawai ASN yang memiliki ijazah dan lulus pada ujian penyesuaian kenaikan pangkat dan pendidikan sesuai dengan bidang tugas yang dimilikinya.

“Contoh seorang ASN di Dinas Kesehatan Provinsi Papua memperoleh pendidikan sarjana ilmu pemerintahan, ASN tersebut bisa ikut ujian penyesuaian ijazah tetapi tidak dapat diusulkan kenaikan pangkat penyesuaiannya. Sebab yang bersangkutan harus pindah ke instansi yang Tupoksi tugasnya berhubungan dengan pendidikan tersebut,” ujarnya.

Loading...
;

Menanggapi itu, dirinya berharap peserta ujian bisa sungguh-sungguh mengerjakan seluruh soal dengan baik, mengingat ujian ini bukanlah sekedar formalitas, tetapi merupakan penyaringan kualitas aparatur di lingkup provinsi Papua.

Di samping itu juga, pelaksanaan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah ASN di lingkungan pemerintah Provinsi Papua wajib dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Oleh karena itu, pada pelaksanaan ujian kali ini dimohon keseriusan saudara bekerja dengan semaksimal mungkin agar mencapai hasik yang diharapkan,” katanya.

Marthinus Yarangga, Ketua pelaksanaan ujian mengatakan 286 peserta ujian masing-masing teridiri dari 120 orang dari provinsi, dan 166 orang dari kabupaten/kota. Dengan kualifikasi pendidikan 10 orang pasca sarjana, 154 orang sarjana, Diploma/III 21 orang, SLTA 99 orang dan SMP 2 orang.

Dengan menggunakan sumber dana dari DPA Badan Kepegawaian Daerah Papua dan biaya pendaftaran ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah sebesar Rp200 ribu per orang bagi ASN kabupaten/kota.

"Memang pelaksanaan ujian tahun ini kami mengalami kekurangan dana, sehingga pegawai dari kabupaten/kota dikenakan biaya pendaftaran," kata Yarangga.

Jorsul Satuan, ASN di Pemerintah Kota Jayapura mengaku siap mengikuti ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua.

"Secara pribadi saya sudah siap, apalagi ujian ini merupakan salah satu tahapan yang harus dijalankan seorang ASN," kata Jorsul. (*)

 

 

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top