Follow our news chanel

29 kepala daerah diminta wujudkan pilkada damai

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – 29 kepala daerah (bupati/wali kota) di Papua diimbau  mewujudkan pilkada damai yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018. Awasi kinerja KPU dan Bawaslu di wilayah masing-masing.

"27 Juni kita akan laksanakan pilkada, baik gubernur maupun bupati di tujuh kabupaten. Untuk itu, pilkada damai harus benar-benar terwujud," kata Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo kepada wartawan belum lama ini.  

Dirinya meminta segala masalah maupun hambatan yang selama ini masih tejadi segera diselesaikan, dengan harapan pelaksanaan pilkada terlaksana sebagaimana mestinya.

"Apabila Pilkada tidak berjalan atau ada yang mengganggu ada sanksi hukum sebagaimana disebutkan dalam undang-undang. Oleh karena itu, saya harap kita bersama-sama memahami itu sehingga perlu untuk disukseskan," ujarnya.

"Sebab jika pelaksanaan Pilkada serentak berjalan lancar, aman dan sukses, maka hal itu akan memberi nilai positif tersendiri bagi Papua," sambungnya.

Selain kepala daerah, Gubernur Soedarmo juga mengharapkan sikap dari dua lembaga penyelenggara, yakni KPU dan Bawaslu, yang menurutnya wajib untuk dijalankan dengan penuh tanggung jawab serta tetap netral dan profesional.

Loading...
;

"Kendati didalam prosesnya harus terseok-seok, namun jika saat pelaksanaannya sukses maka ini akan jadi kesuksesan bukan saja untuk Papua, tapi juga Indonesia dan dunia internasional," kata Soedarmo.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengklaim logistik surat suara untuk Pilkada serentak di Papua telah berada di masing masing KPU kabupaten/kota. Sedangkan untuk kotak suara dan bilik serta formulir berita acara baru akan diserahkan pada 10 Juni 2018.

"Surat suara dicetak dan dihitung berdasarkan jumlah pemilih serta ada kelebihan untuk menjaga jangan sampai ada kerusakan dan lain lain. Nanti setelah disortir ada kelebihan atau rusak itu akan segera dibuat berita acara untuk kemudian dimusnahkan," kata Arisoi.

Dirinya mengaku untuk pelaksanaan Pilkada Gubernur, pihaknya telah bekerja maksimal dalam mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Dengan melakukan pengecekan ke KPU di setiap kabupaten/kota. Mulai dari penyelenggara di TPS semua telah terbentuk sampai kepada surat suara juga telah didistribusikan dan saat ini telah dilakukan pelipatan dan sortir.

"Jadi tinggal tinta, hologram dan segel dalam waktu dekat kita serahkan sekaligus kotak suara dan bilik beserta berita acaranya. Sedangkan kebutuhan lainnya seperti tali untuk pembiayaan diserahkan ke KPU kabupaten/kota," ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top