3 anggota KPU Papua diaktifkan kembali, Diana Simbiak jadi ketua

KPU Papua
Kantor KPU Papua - Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah tiga anggota Komisi Pemilihan Umum atau KPU Papua yang sempat dinonaktifkan—Theodorus Kossay, Melkianus Kambu dan Fransiskus Antonius Letsoin—resmi bertugas kembali mulai Rabu (14/7/2021). Rapat pleno KPU Papua pada Rabu memilih Diana Dorthea Simbiak sebagai Ketua KPU Papua.

Ketiga anggota itu dinyatakan aktif kembali berdasarkan Surat Keputusan KPU RI Nomor 504/SDM.13-Kpt/05/KPU/VII/2021. Anggota KPU Papua, Adam Arisoy mengatakan pada Rabu ketiga anggota yang diaktifkan kembali itu telah mengikuti rapat pleno untuk memilih Ketua KPU Papua yang baru.

“Ketiganya mulai aktif hari ini. Jabatan Ketua KPU Papua saat ini dijabat Ibu Diana Dorthea Simbiak,” kata Arisoy di Jayapura, Rabu.

Baca juga: Ketua KPU dan Bawaslu Yalimo memilih mundur daripada gelar PSU kedua

Arisoy menyatakan dalam waktu dekat pihaknya akan bertolak ke Kabupaten Boven Digoel, untuk mengambil alih pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) di sana. “Sesuai jadwal, PSU Boven Digul akan berlangsung pada 17 Juli 2021. [Pengiriman] logistik juga sudah berjalan. Semoga cuaca di sana bagus, sehingga [logistik PSU] bisa terdistribusi tanpa hambatan,” ujarnya.

Arisoy menyatakan KPU Papua juga akan menyiapkan PSU Pilkada Kabupaten Nabire. PSU Pilkada Nabire dijadwalkan berlangsung pada 28 Juli 2021.

Meski tiga anggota KPU Papua telah diaktifkan kembali, masih ada kekosongan jabatan satu komisioner KPU Papua. Sekretaris KPU Papua, Ryllo A Panay mengatakan pihaknya masih menunggu arahan KPU RI terkait kekosongan satu anggota itu.”Pada dasarnya kami hanya menunggu, sebab semuanya akan ditangani KPU RI,” kata Panay.

Loading...
;

Sebelumnya, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta mengabulkan gugatan  empat anggota KPU Papua yang dinonaktifkan KPU RI. PTUN Jakarta menyatakan pemberhentian empat anggota KPU—Theodorus Kossay, Melkianus Kambu, Antonius Letsoin dan Zufri Abubakar—pada 8 Maret 2021 tidah sah. Akan tetapi, Zufri Abubakar memilih mundur dari jabatannya, sehingga KPU RI hanya mengaktifkan Theodorus Kossay, Melkianus Kambu dan Fransiskus Antonius Letsoin. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top