Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

30 persen dana Otsus dari Kabupaten akan ditarik ke Provinsi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, kemungkinan dalam tahun anggaran 2019, 30 persen dari 80 persen dana Otsus yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua ke-28 kabupaten dan satu kota akan ditarik kembali, sehingga pembagiannya 50 persen dana Otsus untuk pemprov dan 50 persen kabupaten (kota).

Menurutnya, salah satu perubahan pembagian dana Otsus, karena semua SMA/SMK sederajat yang selama ini menjadi tanggung jawab pemerintah  kabupaten (kota) kini pengelolaannya dialihkan ke provinsi.

30 persen dana Otsus dari Kabupaten akan ditarik ke Provinsi 1 i Papua

Katanya, peralihan pengelolaan SMA/SMK sederajat, menambah beban anggaran Pemprov Papua. Mulai dari perbaikan gedung, perlengkapan fasilitas penunjang hingga pembayaran gaji guru, kini menjadi kewenangan Pemprov. 

"Namun di satu sisi, pemprov tak punya dana yang cukup untuk menanggulangi semua itu," kata Wonda usai rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) membahas revisi pembagian dana Otsus, Selasa (28/8/2018).

"Makanya harus diubah. Inikan beban besar untuk provinsi," ujarnya lagi.

Namun lanjut Wonda, sebelum pembagian dana Otsus diubah dari 20 persen di provinsi dan 80 persen kabupaten (kota) menjadi 50:50 persen untuk kedua pihak, terlebih dahulu Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) pembagian dana Otsus harus direvisi.

Loading...
;

"Kami harap revisi Perdasusnya dapat disahkan dalam APBD perubahan tahun ini, dan sudah bisa diberlakukan pada 2018," ucapnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top