HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

30 wakil rakyat Puncak Jaya ikuti orientasi tugas pokok DPRD

Orientasi tugas pokok dan fungsi  anggota DPRD Puncak Jaya digelar di Jayapura, 24 – 27 Februari 2020. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Puncak Jaya mengikuti orientasi tugas pokok dan fungsi yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua di Jayapura pada 24 – 27 Februari 2020. Dalam pelatihan itu, para anggota dewan dibekali ilmu politik dan belajar tugas pokok dan fungsi DPRD.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua, Musa Isir mengatakan sesuai dengan undang-undang semua anggota DPRD terpilih wajib mengikuti orientasi.”Anggota DPRD yang terpilih banyak orang baru, dan berasal dari berbagai latar belakang. Banyak partai politik tidak sempat melakukan proses kaderisasi, membekali calon anggota legislatif pengetahuan tentang politik, tugas dan fungsi DPRD,” kata Musa Isir di Jayapura, Selasa (24/2/2020).

Sebagai unsur pemerintah daerah, ujar ia, DPRD memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis berkaitan dengan bidang legislasi, budgeting (anggaran), dan pengawasan. Musa menyatakan orientasi itu penting untuk memantapkan kompetensi anggota dewan untuk melaksanakan tugasnya.

“Saya harap anggota DPRD betul-betul memanfaatkan kesempatan orientasi ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga ketika kembali ke tempat tugas, [mereka] memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPRD Puncak Jaya, Daud Wendamily mengatakan banyak hal yang dipelajari para anggota dewan dalam orientasi itu. Menurutnya, para anggota akan dibekali ilmu politik dan mengenalkan tupoksi dewan sebagai bagian dari pemerintahan.

Ia menyatakan para anggota DPRD Puncak Jaya yang telah mengikuti orientasi itu akan dapat melaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. “Kegiatan ini sangat bagus untuk membuka wawasan anggota DPRD, setidaknya mereka dapat lebih memahami apa tupoksinya sebagai anggota dewan,” kata Wendamily. (*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top