Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Pasar Hamadi, Distrik Jayapura Selatan. - Jubi/Ramah

300 warga Kota Jayapura isolasi mandiri di rumah

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan sebanyak 300 orang pasien positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala atau OTG menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Saya minta yang sedang isolasi mandiri agar menghindari bersentuhan dengan anggota keluarga, apalagi sampai harus keluar rumah untuk menghindari penularan Covid-19,” ujar Rustan di Pantai Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Jumat (4/12/2020).

Menurut Rustan, bila pasien positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala tidak memiliki kesadaran diri untuk sembuh sekaligus memutus penyebaran Covid-19, akan sangat berbahaya sebab dapat menularkannya kepada orang lain.

“Apabila keluar rumah, seperti ke pasar, menghadiri kegiatan atau acara yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, maka dapat menularkan Covid-19,” ujar Rustan.

Dikatakan Rustan, bila tempat isolasi mandiri tidak memungkinkan, sebaiknya ke rumah sakit atau ke tempat isolasi yang sudah disiapkan Pemerintah Kota Jayapura di LPMP Papua.

“Pesan satuan tugas, setiap aktivitas di luar rumah harus pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Kami terus melakukan pengawasan dan pemantauan agar pasien yang isolasi mandiri di rumah benar-benar mendapatkan perhatian dan perawatan,” ujar Rustan.

Loading...
;

Kepala Puskesmas Hamadi, Apolonia Yantewo, mengatakan pasien positif Covid-19 berstatus OTG terus dilakukan pengawasan dan pemantauan.

“Kami berkomunikasi melalui telepon untuk memastikan pasien minum obat dan istirahat. Kami juga selalu ingatkan untuk jaga kesehatan, makan makanan bergizi dan secara teratur, dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Yantewo.

Dikatakan Yantewo, petugas Puskesmas Hamadi juga melakukan kunjungan ke rumah pasien yang sedang isolasi mandiri sebagai bentuk perhatian dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami pantau suhu tubuh dua kali sehari. Mengingatkan untuk tidak melakukan kontak fisik dengan anggota keluarga, memberikan penguatan iman dan imun. Tempat isolasi harus ada ventilasi, dan melakukan penyemprotan disinfektan,” ujar Yantewo. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top