Follow our news chanel

OCA, kampanye budaya membaca ala anak SMP di Jambi

Ojek Baca, program SMP N 12 Tanjung Jabung Barat untuk menumbuhkan kecintaan siswa dalam membaca – Jubi/Antara/HO/Tanoto Foundation
OCA, kampanye budaya membaca ala anak SMP di Jambi 1 i Papua
Ojek Baca, program SMP N 12 Tanjung Jabung Barat untuk menumbuhkan kecintaan siswa dalam membaca – Jubi/Antara/HO/Tanoto Foundation

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jambi, Jubi – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 12 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi mengampanyekan budaya membaca melalui Ojek Baca (Oca).

“Oca merupakan program cinta buku dan taman baca yang diinisiasi oleh SMPN 12 Tanjung Jabung Barat,” kata tenaga pendidik di SMPN 12, Anita Sriyuanti, di Tanjung Jabung Barat, Kamis (12/3/2020).

Oca adalah sepeda yang telah dimodifikasi dengan dilengkapi rak untuk membawa buku. Dengan Oca tersebut akan berkeliling membawakan buku-buku bacaan untuk peserta didik dan warga di lingkungan sekolah.

Oca tersebut mendekatkan bahan bacaan kepada peserta didik dan warga di sekolah. Dengan harapan dapat mendekatkan buku kepada peserta didik, sehingga peserta didik akan senang membaca.

“Oca ini merupakan implementasi program PINTAR Tanoto Foundation yang meliputi pembelajaran aktif, budaya baca, manajemen berbasis sekolah, dan melibatkan peran serta masyarakat, salah satunya menumbuhkan warga sekolah untuk cinta buku,” kata Anita Sriyuanti.

Saat ini, ada sekitar tujuh ribu koleksi buku bacaan yang dimiliki oleh SMPN 12 Tanjab Barat. Sebelumnya SMPN 12 Tanjab Barat kesulitan mendapatkan bahan bacaan yang baik dan berkualitas. Bekerjasama dengan paguyuban orangtua siswa, saat ini banyak donatur yang menyumbangkan buku-buku bacaan ke sekolah tersebut.

Loading...
;

Dengan menumbuhkan budaya baca, saat ini guru dan peserta didik di sekolah tersebut banyak yang menulis buku. Hal tersebut dibuktikan dengan diluncurkannya buku yang ditulis oleh guru dan peserta didik di sekolah itu.

“Ada dua buah buku hasil karya warga SMPN 12 Tanjab Barat, buku tersebut ditulis oleh guru dan siswa,” kata Anita Sriyuanti.

Buku yang diluncurkan tersebut yakni buku antologi yang berjudul ‘First Love, Perjuangan ibu tunggal dan romansa sekeping hati’. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top