Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Peringati Hari Bakti Rimbawan, 4.000 pohon akan ditanam di Robonghollo 

Aktivitas penanaman pohon yang dilakukan komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Hidup (PPLH) Kabupaten Jayapura di kawasan cagar alam Robonghollo - Jubi/Yance Wenda
Peringati Hari Bakti Rimbawan, 4.000 pohon akan ditanam di Robonghollo  1 i Papua
Aktivitas penanaman pohon yang dilakukan komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Hidup (PPLH) Kabupaten Jayapura di kawasan cagar alam Robonghollo – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan sekaligus peringatan satu tahun bencana banjir bandang Sentani, Dinas Kehutanan Provinsi Papua beserta para stakeholder akan menanam sedikitnya 200 pohon di kawasan cagar alam Robonghollo.

“Penanaman pohon ini merupakan pemulihan ekosistem di cagar alam Cycloop (Robonghollo-Red),” jelas Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Yan Yap L. Ormuseray, di Sentani, Senin (16/3/2020).

Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-37 yang rencananya akan diselenggarakan di seluruh Indonesia, ditunda karena wabah virus Corona.

“(Puncak acara) untuk memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-37 tahun ini ditunda tapi rangkaian acara (yang lain) tetap dilaksanakan,” jelas Yan.

Yan menambahkan bibit pohon yang sudah disiapkan dan akan ditanam di kawasan cagar alam Robonghollo antara lain matoa, sukun, nangka, alpukat, kayu besi, dan kayu susu.

“Untuk ditanam di kawasan cagar alam Cycloop ada (sekitar) 200 bibit pohon dengan berbagai macam jenis. Masyarakat (juga) dapat membawa dan menanam di tempat tinggal mereka, (kami sudah siapkan) sebanyak 2.000 pohon, juga untuk semuanya (ada sekitar) 4.000 pohon,” jelasnya.

Loading...
;

Masih menurut Yan, penanaman 200 pohon ini merupakan launching program pemulihan ekosistem di cagar alam Robonghollo. Selanjutnya akan dilanjutkan penanaman sampai sebanyak 4.000 pohon di kawasan tersebut.

“Pemulihan cagar alam Cycloop merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jadi kegiatan ini akan dilakukan berjenjang di tingkat kabupaten dan kota,” jelas Yan.

Yan mengatakan dengan memperingati Hari Bakti Rimbawan diharapkan para rimbawan di kabupaten dan kota dapat menjaga kawasan hutan dengan baik.

“Kesadaran dan kekompakan rimbawan di seluruh Papua, saya minta untuk menjaga lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan lingkungan yan sehat,” ucapnya.

Kepala Program Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Memberamo, Ronnald Luhulima, mengatakan Senin (16/3/2020) merupakan launching penanaman pohon yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura di kawasan cagar alam Robonghollo.

“Dalam kegiatan ini kami hadir sebagai tamu karena ini kegiatan rehabilitasi, sehingga kami mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura,” jelasnya.

Kata Ronnald, Pemerintah Provinsi Papua memiliki visi yang sama yakni tahun ini akan merehabilitasi cagar alam Robonghollo seluas 1.500 hektar.

“Sebanyak 1.010 di Kabupaten Jayapura dan 4.090 untuk Kota Jayapura. Pemerintah pusat punya komitmen memperbaiki yang kemarin rusak karena terjadinya banjir bandang itu untuk dipulihkan kembali,” katanya.

“Bibit pohon yang sudah disediakan ini semuanya itu ada di gunung Cycloop seperti matoa, kayu besi, dan kayu susu. Jadi tidak ada jenis-jenis pohon lain. Untuk Cycloop ini ada 23 jenis pohon termasuk kayu soang,” jelas Ronnald. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top