Follow our news chanel

Previous
Next

Mama-mama Papua penjual ikan di Pasar Pharaa Sentani minta tempat layak

Mama-mama Papua saat berjualan ikan di Pasar Pharaa Sentani - Jubi/Yance Wenda
Mama-mama Papua penjual ikan di Pasar Pharaa Sentani minta tempat layak 1 i Papua
Mama-mama Papua saat berjualan ikan di Pasar Pharaa Sentani – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Mama-mama Papua penjual ikan air tawar (danau dan kolam) di Pasar Pharaa Sentani Kabupaten Jayapura, minta tempat yang layak untuk mereka menggelar dagangannya.

“Pasar ini dibangun Presiden Jokowi karena adanya mama-mama Papua. Tapi kenapa sampai saat ini pedagang ikan danau dan kolam belum ada tempat layak? Kami duduk dan atur jualan di tempat yang tidak baik,” kata Etha Wally, koordinator pedagang ikan danau di Pasar Pharaa Sentani.

Dari pantauan Jubi, Jumat (17/4/2020) pagi, para pedagang ikan air tawar mengatur jualan mereka di atas timbunan pasir beralaskan karung plastik dan kantong plastik kresek.

Sementara di eks pasar lama Sentani, pada pukul empat sore hingga pukul sembilan malam, mama-mama Papua mengatur jualan mereka di bahu jalan raya beralaskan karung plastik dan kantong plastik  kresek.

Etha Wally mengatakan sejak masih berjualan di pasar lama Sentani, dirinya sudah banyak bersuara.

“Dari pasar lama sampai ke pasar baru masi tetap sama saja, mama-mama penjual ikan danau ini mereka tetap berjualan melantai terus sampai sekarang. Saya sangat sedih melihat kondisi mereka ini,” kata Etha kepada Jubi di Pasar Pharaa Sentani, Jumat (17/04/2020).

Loading...
;

Kata Etha, harusnya di pasar dengan bangunan megah yang dibangun Jokowi ini, setidaknya ada tempat yang layak untuk mama-mama ini.

“Jokowi bilang bangun pasar ini karena mama-mama Papua, tapi nyatanya mana, mama penjual ikan masih berjualan di tempat yang tidak layak. Kapan baru ada tempat bagus?” ucapnya.

Ia berharap pemerintah daerah dan juga wakil rakyat di Kabupaten Jayapura dapat melihat kondisi ini dengan bijak.

“Kami sudah pernah sampaikan DPRD tapi tidak pernah direspons. Jadi DPRD sekarang ini kami mau tolong lihat kamu punya mama-mama Papua ini kah,” ucap Wally.

Seorang pedagang ikan danau, Magda Ohee, mengatakan harus ada tempat yang kayak bagi pedagang asli Papua.

“Pasar kalau atas nama Mama-mama Papua itu bikin tempat jual ikan yang baik juga, karena kami juga bayar pajak yang sama,” ucapnya.

Ohee menambahkan tempat yang mereka tempati sekarang ini ke depan menjadi tempat tetap bagi para penjual ikan danau.

“Kami jualan hanya untuk makan, kebutuhan keluarga, dan untuk anak-anak sekolah. Jangan karena kami datang jualan dan di kelilingi dengan sampah, terus kami sakit, jadi tolong lihat kondisi pasar ikan danau ini,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top