HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Imbauan kembangkan pangan lokal, mesti diikuti bantuan alat dan bibit

Ilustrasi pangan lokal – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Komisi bidang perkebunan, pertanian dan peternakan DPR Papua mengingatkan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Papua memberikan bibit dan bantuan peralatan kepada masyarakat untuk pengembangan pangan lokal.

Pernyataan itu dikatakan Ketua Komisi II DPR Papua, Mega Mansye Nikijuluw terkait imbauan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Papua, agar masyarakat di wilayah itu mengkonsumsi dan mengembangkan pangan lokal pada masa pandemi Covid-19 atau virus korona kini.

Pada masa pandemi kini, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota meminta masyarakat mengkonsumsi pangan lokal, dan menanami lahan kosong dengan pangan lokal guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Menurutnya, ia mendukung ajakan pemerintah kepada masyarakat itu karena entah sampai kapan pandemi berakhir. Akan tetapi jika hanya sekadar ajakan atau imbauan tanpa diikuti bantuan bibit dan peralatan, masyarakat sulit mewujudkan apa yang diharapkan pemerintah.

Katanya, kini situasi serba sulit. Perekonomian lesu, aktivitas di luar rumah dibatasi, masyakarat akan kesulitan mendapat bibit dan peralatan untuk pengembangan pangan lokal.

“Kalau pemerintah tidak membantu bibit dan peralatan, bagaimana mungkin masyarakat dapat mengikuti imbauan itu,” kata Mega Nikijuluw melalui panggilan telepon, Kamis (21/5/2020).

Loading...
;

Mega Nikijuluw mengatakan, dalam situasi seperti ini . masyarakat akan lebih fokus memikirkan bagaimana memenuhi kebutuhan pokok hari ini atau esok.

Masyarakat tidak lagi memikirkan bagaimana mendapatkan bibit pangan lokal dan peralatan untuk melaksanakan imbauan pemerintah.

Meski begitu lanjut Mega Nikijuluw, juga mengingatkan masyarakat Papua agar perlahan mulai melepaskan diri dari ketergantungan bantuan kebutuhan pokok.

Masyarakat diajak memikirkan bagaimana memenuhi bertahan memenuhi kebutuhan pokok tanpa mengharapkan bantuan pada masa pandemi korona kini dan waktu mendatang.

“Masyarakat tidak bisa terus mengharapkan bantuan kebutuhan pokok [dari pemerintah dan pihak lain]. Ketersediaan pangan lokal ini salah satu alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan pokok kita,” ujarnya.

Belum lama ini Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengajak masyarakat Papua mengonsumsi dan memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah mengembangkan pangan lokal.

Menurutnya, selain dapat memenuhi kebutuhan pokok warga, mengonsumsi dan mengembangan pangan lokal dapat membuat masyarakat Papua perlahan melepaskan diri dari ketergantungan beras, sebagai kebutuhan pokok.

Selain itu katanya, mengonsumsi pangan lokal dapat membantu petani .”Para petani tak akan kehilangan pendapatan jika masyarakat memilih pangan lokal. Masyarakat harus arif dalam berbelanja bahan lokal,” kata Klemen Tinal. (*)

Editor: Syam Terrajana

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa