HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

4 tenaga medis Papua Barat ikuti pelatihan penggunaan PCR

Jubir_Gugus_Tugas_Papua_Barat
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap. - Jubi/Hans Arnold Kapisa
Jubir_Gugus_Tugas_Papua_Barat
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap. – Jubi/Hans Arnold Kapisa
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Sejumlah empat orang tenaga medis dari Papua Barat akan berangkat ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, Sulawesi Selatan, untuk berlatih cara penggunaan alat Polymerase Chain Reaction atau PCR dalam pengujian swab terduga Covid-19. Mereka terdiri dari seorang dokter dan tiga orang analis kesehatan.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap mengatakan keempat tenaga medis tersebut akan menjalani pelatihan penggunaan PCR dalam pengujian swab terduga Covid-19 selama satu pekan. Mereka akan mempelajari operasional alat PCR, tata cara menguji swab, dan menyimpulkan hasil pengujian itu.

Menurut Tiniap, keempat tenaga medis itu akan diberangkatkan menuju Balai Besar Laboratorium Kesehatan di Makassar pada Senin (1/6/2020). “Alat PCR sudah ada. Besok [Senin] satu dokter dan tiga analis akan berangkat ke Makassar untuk menjalani pelatihan,” kata Tiniap pada Minggu (31/5/2020).

4 tenaga medis Papua Barat ikuti pelatihan penggunaan PCR 1 i Papua

Baca juga: Ini tanggapan ahli biologi molekular Unipa terkait PCR Covid-19

Dengan tersedianya alat PCR dan tenaga medis yang mampu mengoperasikan alat itu, maka jumlah swab yang akan diperiksa bisa lebih banyak. Tiniap menyebut dengan perkembangan itu jumlah konfirmasi kasus positif korona di Papua Barat bisa semakin bertambah.

“Jika alat PCR sudah bisa dipakai, masyarakat tak perlu kaget jika angka konfirmasi bertambah. Dalam sehari, alat PCR mampu memeriksa 20 sampai 90 sampel swab,” tambah Tiniap.

Tiniap menyatakan pihaknya juga telah memiliki reagen atau cairan yang dibutuhkan dalam pengujian swab terduga Covid-19 dengan PCR. Menurutnya, reagen yang telah ada cukup untuk memeriksa 1.000 swab.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa