40 peternak di Biak penuhi kebutuhan lokal telur ayam

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Biak, Jubi – Sebanyak 40 peternak ayam di Kabupaten Biak Numfor, hingga 2018 telah memenuhi pasokan telur ayam untuk menjawab kebutuhan masyarakat lokal.

"Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah mengeluarkan edaran agar distributor bahan pokok mengurangi pasokan telur ayam dari luar Papua karena peternak lokal sudah mampu memproduksi telur ayam hingga 40 ribu butir," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Biak, I Made Suaryadana, di Biak, Senin (12/11/2018).

Ia mengatakan produksi telur ayam yang tinggi dari peternak lokal maka bisa memenuhi permintaan pedagang di pasar Biak dan sekitarnya.

Made menyebut kesanggupan peternak Biak memenuhi kebutuhan lokal sudah disepakati bersama dengan jajaran Pemkab Biak Numfor dan asosiasi peternak ayam petelur Biak.

"Stok kebutuhan telur ayam di Biak sudah terpenuhi dari produksi peternak lokal, ya untuk ke depan pasokan dari luar Papua akan dikurangi," kata Made.

Menyinggung kebutuhan untuk pesta olahraga PON XX tahun 2020, ia memperkirakan peternak ayam petelur lokal masih bisa memenuhi kebutuhan telur ayam selama perhelatan PON 2020 nanti.

Loading...
;

"Saya pastikan selama ajang PON 2020 Papua berjalan, kebutuhan daging ayam, telur ayam, dan sayur mayur akan terpenuhi hingga (perhelatan PON) selesai," ujar Made.

Berdasarkan data harga penjualan telur ayam di pasar Biak dan sekitarnya mencapai sebesar Rp 53 ribu hingga Rp 58 ribu/rak (isi 30 butir) serta daging ayam sebesar Rp 42 ribu/kg. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top