TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

42 atlet renang NPC Papua jalani TC terpusat di Palembang

Papua
Atlet Renang NPC Papua saat tiba di Kota Palembang / Istimewa

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sebanyak 42 atlet renang National Paralympic Commitee (NPC) Papua yang dipersiapkan menyongsong iven Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI mulai menjalani pemusatan latihan (TC) terpusat di Palembang.

42 atlet renang disabilitas Papua itu tiba di Kota Palembang pada Minggu (4/4/21) kemarin, yang mana kedatangan mereka ke Kota Palembang untuk menjalani TC terpusat demi mewujudkan target juara umum di iven Peparnas XVI bulan November 2021 mendatang.

Ketua NPC Papua H. Jaya Kusuma mengatakan, para atlet renang Papua yang menjalani TC terpusat akan ditampung di wisma Jakabaring Sport City agar para atlet lebih konsen dan fokus untuk berlatih demi mencapai prestasi di cabang olahraga renang.

“Kita pilih di Jakabaring karena lebih terpusat dan para pelatih bisa melatih dengan baik, apalagi disini ada kolam renang yang pernah digunakan eks ASIAN Games Palembang 2018 lalu, dan juga berbagai fasilitas lengkap di sana,” ujar Jaya Kusuma dalam rilisnya yang diterima awak Jubi, Senin (5/4/21).

“Nantinya, mereka (atlet renang) itu akan menjalani TC Pelatda terpusat di Jakabaring Sport Aquatic, Palembang. Saya kemarin juga sudah duluan ke sana menandatangani MoU bersama Direktur Jakabaring Sport City,” sambungnya.

Ia pun mengimbau kepada semua atlet-atlet yang sekarang menjalani training center (TC) terpusat, baik idi dalam daerah dan luar daerah, seperti Palembang, Jakarta, dan Solo, untuk betul-betul berlatih dengan sungguh-sungguh, dan selalu mengikuti instruksi pelatih agar bisa berprestasi.

“Kita berharap, Papua di ajang Peparnas XVI nanti bisa menunjukkan kemampuan kita di daerah kita sendiri ini untuk memperbaiki peringkat yang kemarin di Jawa Barat kita peringkat 5, nanti di Papua kita bisa perbaiki jadi peringkat minimal ketiga atau kalau bisa jadi juara umum,” imbaunya.

Selain atlet renang, beberapa cabor lainnya juga menjalani TC terpusat di luar daerah seperti tenis lapangan kursi roda di Kelapa Gading, Jakarta, dan Judo tuna netra, menembak, serta Bulutangkis di Solo. Sementara cabang olahraga lain, seperti panahan, atletik, dan bochia masih di Jayapura.

Sementara itu, koordinator pelatih renang yang direkrut langsung dari kota Palembang, Chandra mengakui misi yang sama tidak lain untuk prestasi Papua menuju juara umum di rumah sendiri.

“Tidak ada perbedaan dari Sumatera Selatan atau Papua, sebagai pelatih tidak ada artian itu. Karena program sama-sama di buat maupun evaluasi bersama tim pelatih renang, yang penting kita ada di sini berbuat yang terbaik untuk Papua,” ujarnya.

Di tempat yang sama, pelatih renang asal Papua Yohan Karubaba mengapresiasi bergabungnya para pelatih untuk membantu tim renang di Kota Palembang untuk Peparnas Papua juara umum.

“Kita memberikan apresiasi kepada ketua umum NPC Papua untuk bisa berlatih di Jakabaring karena fasilitas lengkap. Dengan kita ada disini, ayo atlet berikan kepercayaan kepada para pelatih untuk membina kalian (atlet),” tutupnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us