Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

47 kura-kura berhidung babi dilepas ke alam bebas

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Port Moresby, Jubi – Sebanyak 47 kura-kura berhidung babi dilepaskan ke alam bebas setelah dikonservasi di Taman Alam Port Moresby selama dua tahun. Untuk mempermudah proses pengawasan perkembangan hidup mereka di alam bebas, setiap kura-kura ini dilengkapi oleh alat radio kecil yang dapat mentransmisi keberadaan mereka.

Para peneliti diharapkan dapat terus memonitor kehidupan kura-kura di alam bebas. Upaya konservasi kura-kura berhidung babi ini merupakan kerjasama antara Universitas Canberra, Taman Alam Port Moresby, dan para pemilik lahan di Kikori yang juga disponsor ExxonMobil.

47 kura-kura berhidung babi dilepas ke alam bebas 1 i Papua

Pelepasan kura-kura kea lam bebas itu dilakukan pada 22 Mei berbarengan dengan peringatan Hari Kura-kura Sedunia. Program ini merupakan salah satu program unggulan Taman Alam Port Moresby dan dianggap berhasil karena merupakan yang pertama kali dilakukan dalam rangka menyelamatkan spesies langka ini.

Selama lebih dari 30 tahun, penurunan populasi kura-kura berhidung babi berlangsung sangat tajam di Kikori akibat penangkapan yang tidak terkendali oleh para penduduk lokal. Mereka menangkap kura-kura untuk diambil telurnya dan kura-kura dewasa dimakan dagingnya.

Sejak upaya konservasi dilakukan dua tahun lalu, kura-kura berhidung babi bahkan tidak dipertunjukkan kepada publik yang mengunjungi Taman Alam Port Moresby. Namun, kura-kura ini akhirnya bisa dipertunjukkan kepada publik setelah ExxonMobil membangun sebuah gedung display agar kura-kura dapat dipertunjukkan dan dipelajari oleh publik dari jarak dekat.

Kurator di Taman Alam Port Moresby, Brett Smith mengatakan bahwa program konservasi ini sangat penting dalam menyelamatkan spesies langka tersebut. “Kami akan melanjutkan studi tentang kura-kura ini termasuk pertumbuhan ukuran dan berat mereka serta mencari strategi yang tepat untuk menyelamatkan mereka dari pemburuan masyarakat,” tuturnya. **

Loading...
;

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top