Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

50 tahun SD YPK Apahapsili diperingati dengan ibadah syukur

Suasana ibadah syukur peringatan 50 tahun SD YPK Apahapsili di Kabupaten Yalimo, Papua. – IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Hari ulang tahun ke-50 SD Yayasan Pendidikan Kristen atau YPK Apahapsili diperingati dengan ibadah syukur di halaman Gereja Rachai Apahapsili, Kabupaten Yalimo, Papua, Minggu (9/2/2020). Dalam perayaan itu, Pdt Yahia Walianggen menyatakan kerja panjang YPK Sinode Gereja Kristen Injili atau GKI di Tanah Papua telah mencetak para pemimpin Papua hari ini.

Pdt Yahia Walianggen menyatakan para alumni SD YPK Apahapsili dan berbagai sekolah YPK lainnya harus membantu YPK memajukan kualitas pendidikan mereka. “Sebagai alumni, kita sudah didik, dibentuk. Maka, kita berkewajiban untuk berbuat sesuatu untuk YPK yang lebih baik lagi,” kata Walianggen.

Walianggen menyatakan reuni akbar alumni YPK telah diikuti dengan peletakan prasasti SD YPK Apahapsili dan peletakan batu pertama pembangunan gedung sekolah yang baru. “Jadi dalam perayaan hari ulang tahun [SD YPK Apahapsili] kita lakukan ibadah, tetapi juga melakukan peletakan batu [pertama] untuk membangun [gedung] SD yang baru, supaya YPK tetap menciptakan kader yang handal dan siap mengubah Kabupaten [Yalimo] ini” katanya.

Ketua Panitia Peringatan 50 Tahun SD YPK Apahapsili, Wakison Wandik menyampaikan  sekolah itu dirintis para misionaris pada 2 Februari 1970. Dalam perkembangannya, SD YPK Apahapsili telah memajukan manusia Apahapsili melalui pendidikan.

“Dalam [peringatan] hari ulang tahun itu, kita perlu melihat sejarah perkembangan YPK di Apahapsili. YPK terbentuk atas pemikiran dua orang rohaniawan, yakni Ottow dan Geissler, untuk memisahkan antara perkabaran dan pengajaran. Pada tahun 1856 mereka mendirikan sekolah di Mansinam, [Papua Barat],” katanya.

Kepala Sekolah Dasar YPK Apahapsili, Ismail Peyon menyatakan YPK hadir dan telah mengangkat harkat dan martabat orang Yali Apahapsili dari ketertingalan dan keterbelakangan. “Karena ada sekolah YPK GKI, orang Yali bisa menjadi manusia yang siap dalam perkembangan dunia global,” bebernya.

Loading...
;

Peringatan 50 tahun SD YPK Apahapsili itu dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Yalimo, termasuk Bupati Yalimo Lakius Peyon, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Yalimo,  Pimpinan Klasis GKI Yalimo Elelim, dan para alumni SD YPK Apahapsili angkatan 45. “Kami sebagai panitia bangga dan memberikan apresiasi, karena Bupati Kabupaten Yalimo, anggota DPRD, pimpinan Klasis GKI Yalimo Elelim, para alumni serta tamu undangan bisa hadir,” kata Peyon.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top