HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

63 pasien baru korona di Papua, mayoritas dari Kota Jayapura

Papua
Data terbaru penanganan warga terpapar korona di Papua, Sabtu (11/7/2020) - Jubi/Leo.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Akumulasi jumlah pasien terkonfirmasi positif terinfeksi korona, sampai saat ini mencapai 2.139 orang di Papua. Ada tambahan sebanyak 63 pasien baru pada hari ini.

Sebanyak 58 dari 63 pasien baru tersebut berasal dari Kota Jayapura. Sementara itu, tiga pasien dari Mimika, serta masing-masing satu pasien dari Kabupaten Jayapura dan Keerom.

Satua Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Papua pun memberi perhatian khusus terhadap Kota Jayapura. Pasalnya, jumlah pasien terkonfirmasi positif korona melonjak hampir setiap hari di ibukota Papua tersebut. Tercatat ada 114 pasien baru dalam sepekan terakhir sehingga terakumulasi sebanyak 1.292 pasien positif terinfeksi korona di Kota Jayapura, saat ini.

“Kami memberi perhatian (serius) terhadap penambahan 58 pasien baru (pada hari ini) di Kota Jayapura. Sebanyak 26 dari 58 pasien itu ialah petugas kesehatan di RSUD Jayapura beserta keluarganya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua Silwanus Soemoele, Sabtu (11/7/2020).

Soemoele mengaku belum mengetahui pasti jumlah terakhir tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura yang terinfeksi korona. Namun, mereka telah memutuskan menyuplai 120 tenaga kesehatan ke rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Papua, tersebut. Tenaga perbantuan itu direkrut dari Kota Jayapura dan wilayah di sekitarnya.

“Sebanyak 120 orang itu terdiri atas masing-masing 20 dokter umum, bidan dan analis kesehatan, 55 perawat serta lima ahli gizi. Kami upayakan segera penempatan mereka untuk waktu 6 bulan,” jelas Soemoele.

Dia berpesan seluruh tenaga kesehatan meningkatkan lagi kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan dan prosedur operasi standar saat bertugas. “Kenakan APD (alat perlindungan diri) secara benar, dan pastikan kejujuran pasien yang diperiksa.”

Loading...
;

Soemoele menambahkan pada hari ini juga terjadi peningkatan sebanyak 70 orang dalam pemantauan (ODP) di Papua. Mereka terdiri atas 57 ODP di Mimika, tujuh di Kota Jayapura, dan masing-masing dua di Merauke, Jayawijaya serta Boven Digoel. Totalnya ada 2.716 ODP di Papua, saat ini.

Adapun keseluruhan pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 235 orang di Papua. Kota Jayapura kembali menambah satu PDP pada hari ini.

Sementara itu, ada tujuh pasien dinyatakan sembuh dari infeksi korona pada hari. Sebanyak empat pasien dari Kabupaten Jayapura, dua dari Mimika, dan satu dari Kepulauan Yapen. Secara keseluruhan sudah ada 1.085 pasien dinyatakan sembuh dari infeksi korona di seluruh Papua. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top