HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

8 pasien Covid-19 di Nabire sembuh, bupati ikut melepas di rumah sakit

pasien sembuh covid-19 nabire
upati Isaias memberikan surat keterangan sembuh Covid-19 kepada salah satu pasien yang sembuh – Jubi/Titus Ruban.
pasien sembuh covid-19 nabire
Bupati Isaias Douw memberikan surat keterangan sembuh Covid-19 kepada salah seorang pasien yang sembuh – Jubi/Titus Ruban.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Sebanyak delapan pasien Covid-19 di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire dinyatakan sembuh, Jumat (29/5/2020).

Ditambah satu pasien yang sembuh sebelumnya, total pasien Covid-19 yang sembuh di Nabire sembilan orang.

8 pasien Covid-19 di Nabire sembuh, bupati ikut melepas di rumah sakit 1 i Papua

Uniknya, pengembalian ke delapan pasien sembuh kepada keluarga yang berlangsung di halaman RSUD Nabire dihadiri Bupati Nabire Isaias Douw. Bupati melepaskan pasien-pasien tersebut kepada keluarga mereka.

Selain itu juga hadir anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tim medis yang menangani pasien.

Bupati Nabire Isaias Douw mengatakan, masih terdapat 10 pasien Covid-19 lainnya yang belum sembuh dan masih dirawat di RSUD Nabire. Lima pasien baru dan lima lainnya pasien lama.

“Saya berharap dan minta kita mendoakan kesepuluh pasien yang masih dirawat agar segera sembuh juga, ” kata Bupati.

Lima pasien lama yang masih dirawat hasil tes ‘swab’ pertamanya sudah negatif. Isaias berharap pada pemeriksaan berikut hasilnya juga negatif.

Loading...
;

“Yang lima negatif ini harus dilakukan periksaan tahap kedua setelah 14 hari dan bila hasilnya negatif lagi maka dinyatakan sembuh total, dan lima yang positif baru kalau pemeriksaan berikutnya negatif, mereka harus periksa lagi  tahap kedua,” katanya.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Nabire, dr. Frans Sayori menjelaskan, pada 15 Mei 2020 pihaknya telah mengirimkan 41 sampel swab ke Litbangkes Provinsi Papua. Sebanyak 30 di antaranya sampel dari Nabire dan 11 lainnya sampel dari Kabupaten Intan Jaya.

Hasilnya, 36 sampel dinyalakan negatif termasuk 11 dari Intan Jaya dan hanya 5 yang positif. Kelima yang postif terdiri dari empat pasien lama dan satu pasien baru.

“Maka data komulatif pasien Covid-19 di Nabire 19 kasus per 19 Mei, sebelumnya ada 18 ditambah satu pasien baru, lalu dari 19 kasus komulatif, 9 sembuh dan 10 masih dirawat di RSUD Nabire,” katanya.

Kesepuluh pasien terdiri dari lima pasien masih positif dan lima pasien telah negatif, sehingga menunggu ‘swab’ kedua minggu depan. Sedangkan jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) 16 orang dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) tidak ada.

Dokter Sayori meminta kepada seluruh masyarakat di Nabire untuk bisa menerima dan memberikan dukungan kepada pasien yang telah sembuh dengan cara tidak mengucilkan mereka.

“Kita harus bersatu, saling mendukung, dan percaya bahwa Covid-19 bisa diberantas, ikuti protokoler yang ada agar kita tetap sehat,” ujarnya. (*)

Editro: Syofiardi

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.