Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Tim Unit Reaksi Cepat Polresta Jayapura Kota saat mengevakuasi warga yang meninggal dunia diduga terpapar Covid-19 belum lama ini. - Jubi/Ramah

84 persen usia 50 tahun meninggal dunia karena Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, mengatakan 84 persen korban meninggal dunia karena Covid-19 atau virus korona adalah orang lanjut usia.

“Orang lanjut usia ini rata-rata usia 50 tahun ke atas dan memiliki penyakit bawaan,” ujar Rustan di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (19/11/2020).

Dikatakan Rustan, seseorang dengan usia 50 tahun ke atas masuk dalam kelompok paling rentan terinfeksi virus mematikan yang menyerang saluran pernapasan.

“Kalau fisiknya atau imunnya bagus, tidak punya penyakit bawaan, maka virus bisa dilawan oleh tubuh. Kalau ada penyakit bawaan, maka ada dua kemungkinan sembuh atau sakit,” ujar Rustan.

Untuk itu, dikatakan Rustan, Pemerintah Kota Jayapura selalu mengimbau warga agar menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperi memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir.

“Pemerintah selalu imbau, kalau warga yang sudah lanjut usia dan memiliki gejala serta penyakit bawaan seperti hipertensi, gangguan jantung, paru-paru, kanker, dan diabetes supaya jangan keluar rumah,” ujar Rustan.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, mengatakan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sangat penting agar tidak mudah terpapar Covid-19.

Loading...
;

“Anak-anak juga harus memberikan edukasi kepada orang tua agar dalam keluarga semuanya sehat. Kalau pulang ke rumah, jangan dulu langsung salaman dan cium orang tua tapi bersihkan diri sesuai protokol kesehatan. Ini juga menandakan bukti cinta kepada orang tua,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano berharap, warga memiliki kesadaran untuk menjaga diri dari bahaya Covid-19, dan saling mengedukasi demi kebaikan bersama. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top