Follow our news chanel

Previous
Next

9 pasangan bakal calon independen dari Papua dan Papua Barat bersengketa di Bawaslu

Pilkada Serentak 2020 – Jubi/Indonesia Inside
9 pasangan bakal calon independen dari Papua dan Papua Barat bersengketa di Bawaslu 1 i Papua
Pilkada Serentak 2020 – Jubi/Indonesia Inside

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Senin – Sejumlah sembilan pasangan bakal calon independen Pemilihan Umum Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2020 dari Papua dan Papua Barat bersengketa di Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu. Mereka bersengketa di Bawaslu gara-gara dicoret oleh Komisi Pemilihan Umum setempat.

Hal itu disampaikan komisioner Bawaslu RI, Rahmat Bagja di Jakarta, Senin (2/3/2020). Rahmat menyatakan Bawaslu telah menerima pendaftaran sengketa dari 24 bakal calon independen dari seluruh Indonesia.

“Kami merekap sengketa pencalonan Pilkada 2020 total keseluruhan 24 permohonan penyelesaian sengketa. Dan ada kemungkinan bertambah,” kata Rahmat Bagja.

Dari 24 permohonan penyelesaian sengketa terkait pendaftaran bakal calon independen itu, jumlah sengketa terbanyak datang dari Provinsi Papua, mencapai tujuh perkara. Sementara jumlah sengketa yang diajukan bakal calon independen di Provinsi Papua Barat ada dua perkara.

Bagja menyatakan Bawaslu akan serius menangani penyelesaian sengketa tersebut. Menurutnya, permohonan dan penyelesaian sengketa telah dilayani dengan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) akan diselesaikan dalam 12 hari kalender setelah teregister di Bawaslu.

“Karena aturannya 12 hari kalender, semua hari, kerja, tidak ada tanggal merah. Mau tidak mau harus menunda kegiatan rapat internal atau perjalanan dinas untuk menyelesaikan perkara tersebut. Tdak ada perkara yang dikecualikan, [semua harus] selesai [dalam] 12 hari kalender.  Kalau tidak, [kami harus] bersiap-siap dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI,” tegasnya.

Loading...
;

Secara terpisah, Komisi Pemilihan Umum RI menyebutkan total bakal pasangan calon yang maju lewat jalur perorangan untuk Pilkada Serentak 2020  mencapai 149 pasangan. Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik mengatakan, sebanyak 147 bakal pasangan calon untuk tingkat kabupaten-kota, dan dua pasang lainnya mendaftar untuk pemilihan gubernur. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top