Follow our news chanel

ABYU: Pembangunan di Yahukimo Berdasar Pada Asas Kebersamaan dan Keadilan

Papua
Bupati Yahukimo Abock Busup dan Yulianus Heluka saat Kampanye di Dapil IV di Kampung Samboga - Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Pembangunan di Kabupaten Yahukimo dibawah kepemimpinan Abock Busup dan Yulianus Heluka dijalankan berdasar pada asas kebersamaan dan keadilan pada 51 distrik dan 512 kampung, didalamnya terdapat 12 suku dan bahasa yang berbeda-beda itu.

Calon Bupati Yahukimo, Papua, yang juga petahana, Abock Busup mengatakan, selama memimpin sebagai Bupati selama 4 tahun sudah terbukti. Ia mengklaim mampu memimpin 12 suku dan bahasa yang berbeda-beda namun tetap dalam kebersamaan.

“Perbedaan suku dan etnis menjadi tantangan untuk membangun daerah ini. Tidak cukup untuk membangun dalam jangkah waktu 5 tahun tapi harus 10 tahun! Kenapa membangun 10 tahun? Karena pendahulu kami juga membangun 10 tahun jadi kami tidak bisa satu periode saja,” kata Abock Busup Calon Bupati Yahukimo, saat Kampaye pertama tertutup di dapil IV distrik Seradela, Kampung Samboga, Rabu (14/10/2020), Yahukimo.

Menurut Abock, saat ini ia sedang membangun Yahukimo untuk masa depan.

“Siapa bilang Abock dan Ulianus tidak membangun? Itu omong kosong, kami sudah membangun di sini. Kami bangun hanya 4 tahun saja karena kami punya masa akan habis pada 15 april 2021. Kami masih Bupati dan Wakil Bupati di tempat ini dan sedang memimpin daerah ini,” tegas Busup.

Selama kepemimpinan Abock Busup dan Yulianus Heluka di Yahukimo, mereka mengklaim telah memenuhi visi dan misi yaitu  dibukanya lapangan pekerjaan bagi para pencari kerja dan pengangguran.

Satgas yang dibangun yaitu terbentuknya 255 anggota satgas Yahukimo Bangkit dengan jumlah 1 distrik 5 orang, 12 kepala suku terdiri dari Kepala suku, Wakil Ketua I dan sekertaris sebanyak 36 orang, kemudian penambahan satpol PP dari 70 orang menjadi 100an orang.

Loading...
;

“Jadi Satgas Yahukimo Bangkit, 12 Kepala suku buat satu TPS dan pilih kami sudah, supaya kami juga lanjutkan, kalian juga lanjutkan, karena uang negara kami siapkan di situ. Itu juga bagimana kami siapkan lapangan kerja di situ,” kata Abock.

ASN di Yahukimo dari 2500 orang atau 80 persen adalah orang Asli Yahukimo dan 20 persen untuk orang dari luar, yang menjabat.

Jabatan yang dimaksud 80 persen dan 20 persen adalah dari jabatan Sekda, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi  hingga Kepala Distrik dan itu merupakan asas kebersamaan dan keadilan.

Abock menjelaskan, pihaknya juga sudah lakukan perpanjangan lapangan terbang Nop Goliat Dekai dari 1.900 Meter menjadi 2.500 Meter dan disresmikan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

ABYU juga memberikan subsidi penerbangan Perintis penumpang dan Cargo dan membangun 14 puskesmas terbaik dari integrasi diambil dari mewakili suku-suku.

“Jadi, Semua (Puskesmas) ini perwakilan yang kami ambil menurut suku, ‘sehingga asas kebersamaan dan keadilan terjadi di Yahukimo ini. Kami berdua tidak bangun untuk suku Kimyal dan suku Ngalik tidak tapi selalu kita bagi. Bapak ibu dan sudara-sudara kenapa kita bagi? Karena luas wilayah kita besar uang kita  sedikit. Luas Wilayah 17.152 KM Persegi,” kata Abock Busup.

Dari segi Instruktur, selama menjabat 4 tahun sebagai Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo telah membuka jalan untuk menjangkau dan membuka daerah isolasi yang selama masyarakat berjalan kaki.

Dari Herawe untuk sampai ke Sobaham, Yomate-Anggruk, Suru-suru ke Ngalik, Dekai ke Kimyal, Dekai ke Peipera sudah mulai jalan atau proses pekerjaan sedangkan tahun ini seharusnya mulai pekerjaan dari Seradela ke Bomela namun tunda karena Virus Corona.

“Infrastruktur kenapa kita bangun? Supaya masyarakat selama ini bermalam 2-5 hari. 2 malam bisa jadikan 1 malam. Maka jalannya kita bisa buka. Ini fokus yang kami kerjakan selama ini. 5 rute jalan ini disetujui oleh DPRD maka siapa saja Bupati akan jalan terus,” Abock.

Wakil Bupati Yahukimo Yulianus Heluka mengatakan pihaknya selama 4 tahun sudah membuka isolasi dan pembangunan puskesmas dan pembangunan lainnya bersama Calon Bupati Abock Busup.

“Yahukimo rumah kita bersama itu adalah kata-kata kebapaan. Maka itu mari mendukung kami untuk lanjutkan jilid II,” kata Wakil Bupati, Yulianus Heluka SH. (Adv)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top