Follow our news chanel

Aceh dan Papua berbagi pengalaman tentang Otsus

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Aceh dan Papua saling berbagi pengalaman soal penerapan dana Otonomi Khusus (Otsus), mengingat kedua provinsi yang berada di paling ujung Barat dan Timur Indonesia ini sama-sama memiliki kekhususan.

Sekretaris Daerah Aceh Dermawan, di Jayapura, Jumat (25/1/2019) mengatakan Papua tidak memiliki batasan dalam penerapan Otsus, sehingga masukan maupun saran sangat diperlukan.  

"Meskipun sama-sama memiliki kekhususan, tapi Aceh ada batasan. Makanya kami datang bertukar informasi dengan Papua," kata Dermawan kepada wartawan usai melakukan pertemuan di Kantor Gubernur Soa Siu Dok II Jayapura.

Menurut ia, saat ini pemerintah Aceh saat ini sedang berjuang agar ke depan penerapan Otsus bagi Aceh tidak ada batasan, agar pembangunan bagi provinsi paling ujung ini bisa sama dengan daerah lainnya di Indonesia.

"Tentu kalau tidak didukung dengan dana Otsus saya kira mustahil bisa berpacu, apalagi seperti Papua yang sangat luas daerahnya, begitu juga dengan Aceh yang dulu merupakan daerah konflik," ujarnya. 

"Intinya kami harapkan dengan adanya Otsus Aceh dan Papua akan semakin maju pembangunannya," sambungnya.

Loading...
;

Asisten Bidang Umum Papua, Elysa Auri mengatakan kedatangan pemerintah Aceh ke Papua karena ingin tahu soal penerapan kebijakan pembagian dana Otsus ke kabupaten/kota.

"Untuk ini, kami sudah sampaikan beberapa regulasi kepada Sekda Aceh, di bawah kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe, kabupaten/kota di Papua mendapat 80 persen dana otsus. Sementara provinsi hanya kelola 20 persen saja," kata Auri. 

Selain soal pembagian dana Otsus, ujar ia, pemerintah Aceh juga ingin melihat pembangunan yang didanai oleh Otsus, seperti jembatan Hamadi – Holtekamp dan jalan lingkar (ring road) di kawasan Hamadi.

"Kami akan ajak mereka ke sana. Intinya mereka mau lihat pembangunan yang didanai Otsus dan bagaimana penerapana dana Otsus di Papua," ujarnya. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top