Follow our news chanel

Previous
Next

Ada 13 kasus baru, total kasus positif korona di Papua mencapai 61

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule. - Jubi/Alex
Ada 13 kasus baru, total kasus positif korona di Papua mencapai 61 1 i Papua
Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 Papua menyampaikan ada tambahan 13 kasus baru positif korona pada Jumat (10/4/2020). Dengan tambahan itu, hingga Jumat pukul 22.00 WIT jumlah kasus positif korona di Papua telah mencapai 61 kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua, Silwanus Sumule mengatakan 13 kasus baru yang terkonfirmasi di sejumlah kabupaten/kota di Papua, dengan kasus terbanyak ditemukan di Kabupaten Mimika (6 kasus). Kasus baru positif korona lainnya ditemukan di Kabupaten Jayapura (2 orang), Sarmi (2 orang), Merauke (1 orang), dan Kota Jayapura (2 orang).

“Itu data yang kami dapat pada Jumat (10/4/2020) pukul 22.00 WIT. Dengan penambahan itu, kami minta masyarakat mematuhi anjuran pemerintah,” kata Sumule di Jayapura, Sabtu (11/4/2020).

Menurutnya, di antara 13 pasien baru positif korona itu, ada seorang dokter, seorang petugas laboratorium, dan bayi yang berumur 6 bulan. “Saya minta masyarakat tidak menganggap remeh penyakit ini. Penularan lokal sudah terjadi di Papua. Sudah ada tiga orang asli Papua yang positif [terinfeksi virus korona], satu di Merauke, dan 2 di Kota Jayapura,” ujar Sumule.

Sumule menyatakan Pemerintah Provinsi Papua telah memberikan dukungan pelayanan kesehatan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura maupun Keerom. Satgas Covid-19 Papua juga telah menyerahkan 1.965 unit Alat Pelindung Diri (APD) dan 1.560 unit alat rapid test ke seluruh rumah sakit (RS) yang ada di Kota Jayapura.

“Sebagian besar pasien asalnya dari warga Kota Jayapura. Jadi pemerintah provinsi memberikan perhatian khusus,” katanya.

Loading...
;

Menurut Sumule, Pemerintah Provinsi Papua akan menanggung seluruh biaya perawatan dan pengobatan pasien Covid-19. Pemerintah Provinsi Papua juga menanggung biaya pemulasaraan jenazah pasien Covid-19.

“Kalau pasien ingin memakai BPJS silahkan. Akan tetapi, kalau ada yang kurang, pasti pemerintah akan tutupi. Kalau ada yang tidak dijamin BPJS, kami akan tanggulangi. Sebenarnya barang ini sudah lama kami kerjakan melalui program Kartu Papua Sehat atau KPS),” jelasnya.

Di Jakarta, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan pada Sabtu hingga pukul 12.00 WIB telah terkonfirmasi 330 kasus baru positif korona. Kasus baru itu terkonfirmasi dalam kurun waktu antara 10 April pukul 12.00 WIB sampai 11 April pukul 12.00 WIB.

“Pada 11 April, telah bertambah lagi 330 kasus baru [positif korona], terkonfirmasi melalui pemeriksaan realtime PCR. [Dengan tambahan itu], total [kasus positif korona di Indonesia bertambah] menjadi 3.842 kasus. Ada empat [pasien Covid-19] yang sudah sembuh, sehingga total [jumlah pasien sembuh bertambah menjadi] 286 orang.  Ada 21 [pasien Covid-19] yang meningga, sehingga total [jumlah pasien meninggal bertambah menjadi] 327 orang,” kata Yurianto.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top