Follow our news chanel

Previous
Next

Ada 5 kasus baru positif korona di Papua

Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua. - Satgas Covid-19 Papua
Ada 5 kasus baru positif korona di Papua 1 i Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua. – Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Satuan Tugas Covid-19 Papua mengonfirmasi lima kasus baru positif korona pada Selasa (7/4/2020). Dengan tambahan lima kasus baru itu, jumlah kasus positif korona di Papua telah mencapai 31 kasus. Dari jumlah itu, 22 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit, sejumlah lima orang lain telah dinyatakan sembuh, dan empat orang lainnya telah meninggal.

Hal itu disampaikan juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule SpOG. Menurutnya, lima kasus baru positif korona itu terkonfirmasi di Kota Jayapura (1 kasus), Kabupaten Jayapura (3 kasus), dan Kabupaten Mimika (1 kasus).

Sumule menyatakan 22 pasien positif korona yang tengah dirawat dalam kondisi sakit ringan, sedang, maupun berat. “Data yang kami dapatkan, tiga pasien masih menggunakan alat bantu pernafasan,” kata Sumule dalam telekonferensi dengan wartawan di Jayapura pada Selasa.

Hingga Selasa, sejumlah delapan pasien positif korona masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di Kota Jayapura. Sumule menyatakan hingga Selasa telah ada tiga pasien positif korona di Kota Jayapura yang berhasil sembuh. Akan tetapi, juga ada dua pasien positif korona yang meninggal. “Pasien yang meninggal [pada Selasa] subuh sudah dimakamkan,” katanya.

Jumlah kasus baru positif korona di Kabupaten Jayapura mencapai tiga kasus. Dengan tambahan itu, jumlah pasien positif korona di Kabupaten Jayapura telah mencapai lima orang, dan semuanya sedang menjalani perawatan di RSUD Yowari, Doyo Baru.

Di Kabupaten Mimika, kembali ditemukan kasus baru positif korona, sebanyak 1 kasus. Dengan tambahan pada Selasa itu, total jumlah kasus positif korona di Mimika telah mencapai sembilan kasus. Dari jumlah itu, sejumlah tujuh pasien masih dirawat di rumah sakit, dan dua pasien lainnya telah meninggal.

Loading...
;

Di Kabupaten Merauke tidak terjadi penambahan kasus baru positif korona, sehingga jumlah kasus positif korona di Merauke tetap empat kasus. Dari jumlah itu, tinggal dua pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit, karena dua pasien lainnya telah sembuh.

Sumule menyatakan jumlah Pasien dalam Pengawasan atau PDP di Papua sebanyak 44 orang. Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (OPD) sebanyak 3262 orang, atau berkurang sebanyak 236 orang.

“Hampir semua kabupaten/kota sudah memberikan laporan rutin. Data jumlah ODP terus menurun [karena berakhirnya masa isolasi ODP bersangkutan]. Akan tetapi ada tambahan dua kasus meninggal hari ini. Upaya-upaya penanganan maksimal sudah dilakukan oleh tim medis, tetapi kami tidak mampu menahan keganasan virus ini,” kata Sumule.

Ia menegaskan dua pasien positif korona yang meninggal pada Selasa telah dimakam sesuai protokol dianjurkan dan disyaratkan Kementerian Kesehatan maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). “Jadi ingin saya sampaikan kepada masyarakat, seluruh kabupaten/kota di Papua telah dibekali dengan protokol yang menjadi standar pengamanan,” kata Sumule.

Ia mengingatkan Papua belum selesai dengan perang melawan Covid-19,  “Garda terdepan adalah masyarakat. Petugas kesehatan di pertahanan terakhir. [Jika] masyarakat mengikuti anjuran, imbauan, dan protokol yang dikeluarkan  pemerintah, saya sangat yakin kita dapat memenangkan perang ini,” katanya.

Di Jakarta, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto menegaskan imbauan pembatasan sosial belum berhasil mencegah penularan virus korona. “Sampai dengan 7 April 2020 pukul 12.00 WIB, jumlah penambahan kasus baru yang terkonfirmasi melalui pemeriksaan PCR Covid-19  sebanyak 247 orang. Total kasus [positif korona bertambah ] menjadi 2.738 orang,” kata Yurianto dalam keterangan pers di Jakarta.

Yurianto menyatakan pada Selasa Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 telah mencatat ada 12 pasien positif korona yang telah sembuh, sehingga jumlah total pasien Covid-19 yang berhasil sembuh mencapai 204 orang. Selain itu, sejumlah 12 pasien positif korona meninggal dunia, sehingga jumlah pasien Covid-19 yang meninggal mencapai 221 orang.

Data yang disampaikan Yurianto itu merupakan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 per 7 Apri 2020 pukul 12.00 WIB. Data itu belum menghitung tambahan lima kasus baru positif korona di Papua pada Selasa pukul 19.00 WP.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top