Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ada 5 pusat penyebaran korona di Papua

Papua
Infografis perkembangan terbaru penanggulangan pandemi Covid-19 di Papua, Minggu (2/8/2020) - Jubi/Leo.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Pengendalian Covid-19 Papua mengonfirmasi terdapat 30 pasien terbaru infeksi korona sehingga total ada 3.070 pengidap di Papua hingga Minggu (2/8/2020). Kasus terbaru tersebut masing-masing sebanyak 13 pasien di Mimika, sembilan pasien di Lanny Jaya, dan delapan pasien di Kota Jayapura.

“Satuan Tugas Covid-19 Papua memberi perhatian khusus terhadap Lanny Jaya. Ada tambahan 15 pasien baru dalam dua hari terakhir,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Covid-19 Papua Silwanus Soemoele.

Total ada 23 pasien terinfeksi korona selama pandemi Covid-19 di Lanny Jaya. Sebanyak 16 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit, sedangkan tujuh lainnnya dinyatakan sembuh.

Ada 5 pusat penyebaran korona di Papua 1 i Papua

Soemoele mengingatkan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya mengambil langkah-langkah taktis untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Mereka di antaranya harus terus memantau ketat mobilisasi penduduk dari Jayawijaya, dan menggelar serangkaian tes masif untuk mendeteksi potensi penyebaran virus korona.

“Satgas Covid-19 Papua membantu (mendistribusikan) obat-obatan, reagen, dan memantau perkembangan Covid-19 di Lanny Jaya. Asosiasi pemerintah daerah di Pegunungan Tengah Papua juga diminta tetap bahu-membahu dalam menanggulangi penyakit ini,” jelas Soemoele.

Menurutnya, ada lima daerah yang menjadi episentrum atau pusat penyebaran virus korona dalam sebulan terakhir di Papua. Daerah tersebut ialah Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Mimika, serta Biak Numfor. Di antara lima daerah tersebut, Kota Jayapura memiliki rate of transmission atau angka penularan tertinggi, yakni 1,8-1,9.

“Kita harus harus keroyok dia (penanggulangan virus korona di Kota Jayapura). Kami yakin kolaborasi intensif selama ini didukung oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Soemoele.

Loading...
;

Dia memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura akan saling berbagi peran dalam menanggulangi pandemi Covid-19. “Pemprov akan menanggung biaya operasional dan menyiapkan tenaga medis di Hotel Sahid (yang menjadi lokasi karantina pasien korona di Kota Jayapura). Pemkot Jayapura memberi dukungan dalam pemantauan dan pelaporan data.”

Satgas Covid-19 Papua juga mengonfirmasi terdapat dua pasien suspek terbaru pada hari ini. Tambahan tersebut berasal dari Kota Jayapura dan Mimika. Selain itu, terdapat tambahan sebanyak 57 orang dalam pemantauan (ODP) di Mimika, dan satu di Boven Digoel.

Mereka juga melaporkan ada 22 pasien dinyatakan sembuh dari infeksi korona di seluruh Papua pada hari ini. Masing-masing sebanyak enam pasien di Kota Jayapura dan Lanny Jaya, tujuh di Kabupaten Jayapura, dua di Jayawijaya, serta satu di Mimika. Dengan demikian, sudah ada 1.464 pasien dinyatakan sembuh dari infeksi korona di Papua, sedangkan sebanyak 1.573 pasien masih menjalani perawatan medis. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top