HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Ada dukungan anggaran kampung untuk kesehatan

Petugas kesehatan saat menjelaskan fasilitas yang tersedia di PKM Sentani kepada Bupati Jayapura dan Kepala Dinas Kesehatan - Jubi/Engel Wally
Ada dukungan anggaran kampung untuk kesehatan 1 i Papua
Petugas kesehatan saat menjelaskan fasilitas yang tersedia di PKM Sentani kepada Bupati Jayapura dan Kepala Dinas Kesehatan – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Distrik Sentani, Eroll Yohanes Daisiu, mengatakan kehadiran Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di kawasan Kemiri, Kelurahana Hinekombe akan didukung oleh masing-masing kampung melalui Alokasi Dana Kampung (ADK) yang setiap tahun diterima.

Dikatakan, Distrik Sentani memiliki tujuh kampung dan tiga kelurahan. Tiga kelurahan dengan jumlah penduduk yang cukup padat serta kampung-kampung lain maka dukungan penuh juga harus diberikan kepada PKM Sentani untuk pelayanan kesehatan yang baik dan prima bagi masyarakat.

Ada dukungan anggaran kampung untuk kesehatan 2 i Papua

“Masing- masing kampung dan kelurahan melalui alokasi dana kampung akan memberikan Rp10 juta per kampung untuk PKM Sentani,” jelas Eroll Daisiu, di Kemiri, Selasa (28/1/2020).

Menurutnya, lokasi PKM saat ini memang agak jauh dari keberadaan masyarakat yang tinggal di pinggiran kota. Oleh sebab itu, alternatif yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura harus membangun satu unit PKM lagi di wilayah Kelurahan Dobonsolo.

“Masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan tidak terlalu sulit untuk menjangkau PKM ini. Tetapi mereka yang tinggal di pinggiran kota akan kesulitan transportasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, mengatakan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan saat ini tidak terlalu sulit. Lokasi PKM dapat dijangkau dengan semua moda kendaraan yang tersedia, hanya saja yang di pinggiran kota akan sedikit kesulitan.

Loading...
;

“Akses kesehatan secara cepat dan tepat berada di PKM Sentani. Alternatif lain ketika dalam kondisi darurat, ada RSUD Yowari dan juga RS Angkatan Udara yang jaraknya tidak terlalu jauh dari PKM Sentani,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top