Follow our news chanel

Previous
Next

Ada kasus positif korona, kerabat di Iluga diminta ikuti isolasi mandiri

Ilustrasi virus korona penyebab COVID-19. - pixabay.com
Ada kasus positif korona, kerabat di Iluga diminta ikuti isolasi mandiri 1 i Papua
Ilustrasi virus korona penyebab Covid-19. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Mamberamo Tengah, Piter Togodly menyampaikan permintaan maaf kepada para tenaga kesehatan di Puskemas Iluga yang sempat menangani pasien yang belakangan diketahui positif korona. Ia meminta semua masyarakat yang pernah bertemu dengan pasien positif korona yang kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Wamena itu melakukan isoloasi mandiri.

Salah satu dari tiga pasien yang terkonfirmasi positif korona pada Senin (13/4/2020) adalah pasien rujukan dari Puskesmas Iluga, Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng). Para petugas medis  Puskesmas Iluga akhirnya membawa dan merujuk pasien malaria itu ke RSUD Wamena di Kabupaten Jayawijaya.

Di RSUD Wamena, pasien itu menunjukkan gejala penyakit Covid-19, sehingga para tenaga medis di sana mengambil spesimen pasien rujukan dari dari Puskesmas Iluga itu untuk diuji dengan metode antigen realtime PCR. Pada Senin pasien itu terkonfirmasi positif korona.

Piter Togodly menyampaikan permintaan maafnya kepada para tenaga medis Puskesmas Iluga yang sempat merawat pasien itu tanpa Alat Pelindung Diri (APD).  “Atas nama keluarga pasien, [saya] memohon maaf kepada semua pihak, terutama mantr kesehatan, suster, dan dokter yang dengan susah payah [dan tanpa APD] sudah menolong pasien itu,” kata Togodly kepada Jubi pada Selasa (14/4/2020).

Togodly menyatakan pengumuman bahwa pasien dari Puskesmas Iluga itu positif terinfeksi korona mengejutkan warga Mamteng, khususnya warga Distrik Iluga dan kampung tempat tinggal pasien tersebut. Para warga terkejut, karena konfirmasi positif korona itu diketahui ketika sosialisasi pandemi Covid-19 tengah digencarkan di Mamteng.

“Pekan lalu, saya bekerja sama dengan tenaga medis ajak masyarakat jaga kesehatan. [Kami] bagi sabun pencuci tangan, sesuai anjuran kesehatan [dari pemerintah], tetapi virus itu datang juga,” ujar Togodly.

Loading...
;

Menurut Togodly, pasien positif korona dari Mamteng itu memiliki riwayat perjalanan ke Jayapura. Togodly yang juga ketua Ikatan Keluarga Walak Iluga meminta setiap warga yang pernah bertemu dengan pasien positif korona itu bekerjasama dengan pemerintah dan tim kesehatan yang akan meninjaklanjuti keberadaan pasien positif korona di Iluga itu. Keluarga besar pasien yang sekampung diminta mulai menjalani isolasi mandiri, demi memastikan tidak ada kasus positif baru di Iluga.

“Harapan untuk keluarga besar [pasien positif korona untuk] berdoa dan berpuasa, tidak boleh panik. [Semua yang pernah bertemu dengan pasien bisa menjalankan isolasi mandiri dengan] kurung diri di keluarga masing-masing, dan tidak lakukan kunjungan keluarga [atau bertamu],” kata Togodly.

Ketua Dewan Adat Papua versi Kongres Luar Biasa, Dominikus Surabut menyatakan konfirmasi tiga kasus positif korona di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya menunjukkan persebaran virus korona telah terjadi di daerah pedalaman Papua. Surabut menyebut adanya empat orang asli Papua yang terinfeksi korona menunjukkan pandemi Covid-19 adalah ancaman serius bagi orang asli Papua.

Ia menyatakan pemerintah daerah di Tanah Papua harus bekerjasama dengan serius untuk menangani pandemi Covid-19, demi melindungi masyarakat asli Papua. “Cerita ini mencabut semua jenggot saya. [Selama ini] kita diskusi banyak. Kita butuh tindakan serius dari semua,” kata Surabut kepada Jubi pada Selasa (14/4/2020).

Ia menyatakan informasi perkembangan pandemi Covid-19 harus menyatukan pemerintah, para tokoh agama, dan para tokoh adat untuk bekerjasama membatasi penyebaran virus di kalangan orang asli Papua. “Pemerintah sudah bagus batasi penumpang [dari] luar [Papua] masuk ke Papua.  Tetapi [pemerintah daerah] juga [harus] pikir sumber [penularan] lokal virus korona,” kata Surabut.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top