Follow our news chanel

Ada lomba pidato bahasa Sentani di Festival Aijau III

Jumpa pers Panitia Fastival Aijau III di Sentani, Sabtu (10/8/2019) - Jubi/Engel Wally
Ada lomba pidato bahasa Sentani di Festival Aijau III 1 i Papua
Jumpa pers Panitia Fastival Aijau III di Sentani, Sabtu (10/8/2019) – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Jayapura tentang Kabupaten Layak Anak, yang dimulai dari setiap kampung, distrik, hingga ke kabupaten, ajang Festival Budaya Aijau di Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani dimanfaatkan untuk menggelar lomba pidato berbahasa Sentani.

Penggagas Festival Aijau, Jimmy Yoku, mengatakan melalui festival ini anak-anak diberikan ruang dan kesempatan untuk berekspresi, menampilkan kemampuan mereka di berbagai lomba yang dilaksanakan nanti.

“Sesuai program pemerintah daerah ini, kabupaten layak anak, tetapi juga berbudaya dan berjati diri. Sehingga dengan demikian, nilai budaya lokal ini sudah ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Di kemudian hari mereka akan mengetahui jati diri mereka, dari mana mereka berasal, apa budaya mereka,” jelas Jimmy, saat ditemui di Sentani dalam jumpa pers Panitia Festival Aijau III, Sabtu (10/8/2019).

Menurutnya, selama ini yang dibicarakan tentang kearifan lokal, namun secara fisik belum begitu nampak. Ruang dan kesempatan bagi setiap anak melalui fasilitas penunjang juga sangat minim, sehingga hal-hal seperti ini perlu dimulai dengan melaksanakan kegiatan dan lomba yang terlihat sederhana tetapi mempunyai dampak yang besar bagi pertumpuhan serta aktivitas dari anak-anak di kampung.

“Upaya seperti ini sudah harus menjadi rutinitas masyarakat di kampung, dengan menggandeng pemerintah daerah secara khusus instansi terkait guna peningkatan pendidikan dan wawasan bagi masyarakat tetapi juga setiap anak yang terlibat di dalamnya,” jelasnya.

Sementara itu, Heironimus Yoku, koordinator lomba pidato berbahasa Sentani, mengatakan lomba pidato untuk kategori anak, akan diikuti oleh siswa sekolah dasar yang saat ini berada di kelas IV, V, dan VI. Dengan mengangkat tema besar tentang HUT ke-74 Republik Indonesia melalui jasa para pahlawan yang gugur dalam medan perang, secara khusus pahlawan nasional asli Papua untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Loading...
;

“Kenapa kita memilih lomba ini diikuti oleh anak-anak sekolah dasar, karena kita ingin segala sesuatu yang baik ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Dalam lomba pidato peserta diwajibkan menterjemahkan semua pidato yang berceriter tentang biografi pahlawan nasional ini dengan menggunakan bahasa Sentani,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top