Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ada sejumlah perubahan dalam tatib DPR Papua periode 2019-2024

Ilustrasi, suasana sidang DPR Papua - Jubi/Arjuna
Ada sejumlah perubahan dalam tatib DPR Papua periode 2019-2024 1 i Papua
Suasana pengesahan tatib DPR Papua – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw menyatakan terjadi beberapa perubahan dalam tata tertib atau tatib DPR Papua periode 2019-2024 yang disahkan pihaknya pada Selasa (21/1/2020).

Menurutnya, salah satu perubahan dalam tatib DPR Papua periode lima tahun mendatang dari tatib periode sebelumnya adalah mengakomidir hak-hak 14 anggota DPR Papua dari mekanisme pengangkatan yang kini dalam proses seleksi oleh panitia seleksi (pansel).

“Kami mengakomodir keberadaan 14 kursi dalam tatib itu. Kami sudah siapkan dasar hukumnya. Misalnya ketika 14 kursi masuk, mereka akan punya semacam fraksi sendiri. Bukan fraksi (fungsinya sama dengan fraksi karena fraksi merupakan perpanjangan partai politik). Namanya kelompok khusus,” kata Jhony Banua Rouw usai pengesahan tatib DPR Papua.

Selain itu katanya, 14 anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan dapat mengisi setiap alat kelengkapan dewan semisal komisi, badan anggaran, badan musyawarah, badan kehormatan dan badan pembentukan peraturan daerah.

“Kita sudah siapkan kuotanya berapa di setiap alat kelengkapan dewan. Akan dibagi secara merata,” ujarnya.

Kata Jhony Banua Rouw, anggota DPR Papua dari mekanisme pengangkatan juga memiliki hak yang sama dengan anggota partai politik untuk dipilih atau menempati posisi pimpinan dan unsur pimpinan alat kelengkapan dewan. Akan tetapi tidak diatur untuk mengusulkan atau menempati posisi pimpinan atau unsur DPR Papua.

Loading...
;

“Itu bedanya tatib kami yang sekarang dengan dengan tatib pada periode lalu. Dengan begitu ketika mereka masuk tatib tidak perlu diubah,” ucapnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top