Follow our news chanel

ADK tahun 2019 Kabupaten Jayapura Rp 76 miliar

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Kepala DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra, mengatakan anggaran ADK 2019 mengalami penambahan Rp 3 miliar dari tahun sebelumnya hingga totalnya mencapai Rp 76 miliar.

“Alokasi dana kampung akan dibagi dalam dua tahap, tahap pertama 50 persen dibagi pada awal Maret dan tahap kedua akan disalurkan pada awal Juli tahun ini,” ungkap Yarusabra, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penyerahan Pagu Alokasi Dana Kampung (ADK) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2019 di Aula lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kamis (31/1/2019).

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, usai memimpin rakor, kepada media mengatakan kemungkinan besar ada perubahan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan kebijakan daerah.

Dikatakan, arah kebijakan daerah saat ini bersama turunnya anggaran untuk kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah kampung harus merespons arah kebijakan yang sudah dibuat.

“Katakan saja peningkatan sumber daya manusia di usia dini, seribu hari pertama, menjelang pendidikan dasar, serta sisi kesehatan bagi setiap anak-anak di kampung. Pembentukan karakter hingga masa pendidikan lanjut, kondisi ini harus didukung dengan anggaran yang jelas supaya upaya yang dilakukan ini sejalan dengan Jayapura ramah anak yang merupakan arah kebijakan daerah ini,” ujar Bupati Awoitauw.

Selain itu, kata Bupati Awoitauw, terkait pemetaan wilayah adat harus dilakukan segera. Karena ketika satu kampung dipetahkan, akan berimbas kepada kepemilikan tanah marga hingga klan yang merupakan wilayah adat. Hal ini sangat penting untuk dipastikan secara hukum kepemilikan masing-masing wilayah yang memberikan informasi batas-batas tanah tersebut.

Loading...
;

“Dalam kondisi ini setiap kampung juga berkewajiban untuk menganggarkan proses pemetaan ini ketika berlangsung. Masyarakat di kampung harus terlibat secara aktif untuk mendukung kerja tim pemetaan saat ini,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) bersama pimpinan OPD, pengurus PKK kabupaten, PKK distrik, 19 kepala distrik, dan seluruh aparat pemerintah kampung dan kelurahan, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyerahan Pagu Alokasi Dana Kampung (ADK) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2019 di Aula lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kamis (31/1/2019). (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top