HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Advokat dan kantor hukum Papua raih penghargaan untuk pengacara Pro Bono

Seluruh nominator dan pemenang Hukumonline Awards 2019 Pro Bono Champions – Jubi/IST

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah advokat dan kantor-kantor hukum menerima penghargaan Hukumonline Award, Rabu (11/12). Mereka dinobatkan sebagai Pro Bono Champions 2019 untuk dedikasi menunaikan pro bono (layanan jasa hukum gratis) bagi kalangan marginal. Mendiang advokat kenamaan Trimoelja D.Soerjadi juga dinobatkan penghargaan khusus untuk Lifetime Achievement pada Hukumonline Award tahun ini.

Sejak tahun 2018 lalu Hukumonline menggelar Hukumonline Award dengan metode survei. Hukumonline menggelar survei terbuka sebagai cara mengikuti Hukumonline Award  Pro Bono Champions 2019. Kantor-kantor hukum dari berbagai wilayah, bidang praktik, serta bentuk badan hukum apa saja bisa mengikuti survei tersebut.

Hanya saja, responden yang berhak mengikuti tahap penilaian adalah kantor hukum komersial. Hal itu karena sejak awal ajang penghargaan ini ingin mendorong budaya pro bono di kantor hukum komersial. Para responden yang memenuhi kriteria akan menjadi nominator penerima penghargaan.

Tahun 2019 ini tercatat ada 70 kantor hukum yang menjadi responden. Angka ini meningkat 22,8 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 57 responden. Puluhan kantor tersebut tersebar di berbagai pulau dari timur hingga barat Indonesia. Tercatat ada 20 provinsi asal para kantor hukum yang menjadi responden. Meningkat jika dibandingkan tahun 2018 sebanyak 16 provinsi.

Kategori utama Hukumonline Awards 2019 meliputi kantor-kantor hukum dengan jumlah jam pro bono terbanyak/Excellence Pro-Bono Hours. Tiap kantor dibagi dalam klasifikasi jumlah personel advokat yang dimiliki.

Lima nominator untuk kantor hukum dengan 1-10 advokat ialah Kantor Advokat/Pengacara Gustaf Rudolf Kawer, S.H.,M.Si. dan Rekan (Papua), Farida Law Office (DKI Jakarta), Sheyoputra Law Office (DKI Jakarta), Kantor Biro Hukum Parna Keadilan (Sumatera Utara), dan Catur Pilar Law Firm (Sumatera Barat). Gelar juara jatuh kepada Kantor Advokat/Pengacara Gustaf Rudolf Kawer, S.H.,M.Si. dan Rekan (Papua).

Loading...
;

Selain itu, melalui penilaian dewan juri independen, penghargaan The Most Inspiring Lawyer in the Field of Pro Bono Non-Litigation diraih Yohanes Mambrasar, Partner di Kantor Advokat-Pengacara Gustaf Rudolf Kawer, S.H,M.Si dan Rekan  (Papua).

Hukumonline Awards Pro Bono Champions 2019 diselenggarakan dengan dukungan kerja sama The Asian Foundation dan United States Agency for International Development (USAID) melalui program eMpowering Access to Justice (MAJU). Kementerian Hukum dan HAM melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional menyampaikan apresiasi untuk Hukumonline Award beserta para juaranya.

Sebagai rangkaian Hukumonline Award, Konferensi Nasional Pro Bono diselenggarakan juga pada hari yang sama. Perwakilan organisasi advokat, Mahkamah Agung, Kementerian Hukum dan HAM, serta para pemangku kepentingan lainnya hadir dalam konferensi. Pro Bono advokat menjadi harapan besar untuk memperluas akses keadilan bagi masyarakat marginal. (*)

Editor : Victor Mambor

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top