Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Advokat HAM Papua Ganius Wenda Tutup Usia

Advokat HAM Papua
Mendiang Advokat Ganius Wenda SH MH. - facebook.com/Yohanis Mambrasar

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Advokat Ganius Wenda SH MH meninggal dunia di Rumah Sakit Dian Harapan, Kota Jayapura, Papua, Senin (3/8/2020). Wenda yang merupakan salah satu advokat pembela para tahanan politik atau Tapol Papua itu meninggal setelah beberapa waktu dirawat karena sakit.

Berita duka itu dikonfirmasi salah satu kolega Ganius Wenda, advokat Yohanis Mambrasar saat dihubungi Jubi melalui panggilan telepon pada Senin. “Hari ini 3 Agustus 2020 kita kehilangan seorang kawan pengacara hak asasi manusia di Papua. Semasa hidupnya ia mengabdikan hidupnya untuk perjuangan keadilan dan kebenaran di Bumi Papua,” kata Mambrasar.

Menurut Mambrasar, semenjak kuliah Ganius Wenda mengabdikan dirinya sebagai aktivis mahasiswa yang terlibat bersama gerakan mahasiswa Papua di Jawa. “Mereka aktif menyuarakan penghentian kekerasan di Papua, dan penyelesaian berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia di bumi Papua,” ujar Mambrasar.

Advokat HAM Papua Ganius Wenda Tutup Usia 1 i Papua

Setelah menjadi advokat, Ganius Wenda aktif mendampingi para korban kekerasan aparat ataupun aktivis Papua yang menjadi korban kriminalisasi. Ganius Wenda bekerja di berbagai wilayah konflik di Papua, di Wamena, Timika, maupun Jayapura.

Mambrasar menyebut Ganius Wenda merupakan salah satu advokat yang turut bekerja bersama Koalisi Pengacara Hak Asasi Manusia (HAM) Papua yang melakukan pendampingan hukum bagi para tahanan politik yang diadili pasca unjukrasa anti rasisme pada Agustus 2019 lalu. Selama proses advokasi bagi para tahanan politik itu, Ganius Wenda menjadi Sekretaris Koalisi Pengacara HAM Papua.

Baca juga: Tapol Papua: Jangan ada lagi diskriminasi hukum

“Ganius Wenda, adalah salah satu putra terbaik Papua dari Lembah Baliem. Ia advokat muda Papua, pengacara HAM Papua yang konsisten membela hak asasi manusia. Ia tak gentar dalam kondisi apapun. Selama dua tahun terakhir, kami bekerja sama menangani kasus kriminalisasi aktivis politik Papua, termasuk dalam kasus rasisme Papua yang terjadi pada 2019 lalu. Salam hormat bagimu, selamat jalan, tidurlah dengan tenang di sana,” ujar Mambrasar.

Loading...
;

Direktrur Lembaga Bantuan Hukum Papua, Emanuel Gobay menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas kepergian Ganius Wenda. Gobay mengingat Ganius Wenda sebagai seorang yang baik hati. Menurutnya, Ganius Wenda jatuh sakit usai merampungkan proses persidangan tujuh tahanan politik Papua yang diadili di Kalimantan Timur.

“Kawanku sayang, saya tidak ada kata-kata. Kawanku, masih ada banyak masalah yang harus kita dua selesaikan, tapi terlalu cepat kawan pergi,” kata Emanuel Gobay.

Anggota Eksekutif sekaligus Ketua Misi untuk Uni Eropa United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Oridek Ap menyatakan kepergian Ganius Wenda membuat orang Papua kehilangan salah satu pengacara terbaiknya. Ap menyebut, Ganius Wenda selalu memberikan bantuan hukum kepada para aktivis yang terjerat kasus hukum.

“Saya mengenalnya sejak tahun 2018. Dia juga terlibat dalam membela tujuh tapol dan tahanan rasis lainnya di Papua. Terima kasih banyak atas keberanian dan dedikasi anda untuk mempertahankan hak hukum masyarakat kami. Beristirahatlah dalam damai saudaraku, kita akan berjuang,” kata Ap.

Advokat Oktovianus Tabuni juga menyampaikan turut berbelasungkawa. Tabuni mengenang, Ganius Wenda yang turut memberikan bantuan hukum dan pembelaan bagi para pengunjukrasa anti rasisme Papua dari Deiyai yang diadili di Pengadilan Negeri Nabire.

Tabuni menyebut Wenda selalu antusias membela hak masyarakat kecil. “Kawan, kita telah berjuang bersama menyuarakan kaum tidak bersuara. Terlalu cepat kau pergi, Noe Ganius,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top