Follow our news chanel

AFC nyatakan 6 Klub Liga 1 berstatus Granted, Persipura salah satunya

papua-afc-granted-persipura
Pemberian hasil lisensi klub AFC / Dok. PSSI

Papua No.1 News Portal

Jayapura, Jubi – Berdasarkan hasil lisensi klub yang dilakukan oleh federasi sepakbola Asia (AFC), klub Persipura Jayapura dinyatakan berstatus granted atau diberikan. Hal ini disampaikan dalam rapat PSSI bersama komite lisensi klub di Jakarta, Kamis (19/11/20) kemarin.

Pemberian status granted oleh AFC tersebut karena klub Persipura dianggap telah memenuhi semua aspek persyaratan yang diminta oleh AFC.

Status granted itu juga diberikan kepada lima klub Liga 1 lainnya yakni Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung dan Arema FC.

Asisten manajer, Arvydas Ridwan Bento Madubun yang mewakili manajemen Persipura menanggapi pemberian hal tersebut. Bento mengaku pihaknya tak lantas merasa puas dan akan terus berupaya menjadikan Persipura sebagai klub profesional.

“Kita bersyukur, sesuai petunjuk ketua umum, manajemen tetap bekerja untuk memastikan status klub Persipura Jayapura sebagai salah satu klub profesional bersama lima klub lainnya di Indonesia untuk tahun 2020,” ujar Bento, Jumat (20/11/20).

“Kita tetap berusaha memenuhi seluruh aspek yang ditetapkan sebagai persyaratan. Semoga kita bisa terus mempertahankan ini, demi Persipura dan Tanah Papua tentunya,” sambung Bento.

Sementara itu, Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengatakan, ke depan PSSI sedang menyiapkan National Club Licensing untuk diterapkan di Liga 1 dan Liga 2.

Loading...
;

“Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” ujar Nusi seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Pada 2019 lalu, sebanyak 16 klub Liga 1 berpartisipasi di kegiatan Club Licensing. Keputusan Licensing terbagi menjadi tiga kategori, yaitu granted, granted with sanction, dan rejected. Dari proses yang telah ditempuh, sebanyak 6 klub yang mendapatkan status granted, 2 klub mendapatkan status granted with sanction, dan 8 klub mendapatkan status rejected.

Ketika itu, klub yang mendapatkan status granted yakni Arema FC, Persebaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar. Sementara klub yang mendapatkan status granted with sanction adalah Bali United FC dan Bhayangkara FC.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini. (CR4)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top