Agus Mahuze: Saya tulis SOS Our Earth itu dengan arang kayu

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi – Agustinus Mahuze, seorang putra asli Marind yang juga anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merauke, sempat menjadi perhatian publik saat kedatangan Presiden RI, Joko Widodo, Jumat, 16 November 2018 lalu.

Saat itu, Agustinus yang juga pemerhati dan pegiat lingkungan hidup, membentangkan selembar kertas folio dengan tulisan SOS Our Earth, tepatnya di pertigaan Lepro, kala Presiden Jokowi bersama rombongan menuju ke Distrik Sota.

“Memang saya sudah rencanakan. Beberapa kali Pak Presiden Jokowi ke Merauke, namun aksi dimaksud belum sempat dilakukan. Baru kali ini direalisasikan, apalagi bertepatan dengan keberangkatan Presiden mengikuti  KTT APEC di Papua Nugini,” ujar Agustinus, Senin (19/11/2018).

Dikatakan, tulisan di lembaran kertas folio itu ditulisnya dengan menggunakan arang kayu, bukan spidol maupun ballpoint karena dilakukannya spontan.

Kalimat SOS Our Earth menurutnya tidak lain untuk menyelamatkan bumi dan jiwa manusia.

“Apa yang saya ungkapkan dalam tulisan dimaksud tak dalam konteks Merauke, tetapi dunia. Sehingga saat KTT APEC berlangsung, mestinya menjadi dorongan bagi pemimpin dunia,” ungkapnya.

Loading...
;

“Saya juga berharap Presiden Jokowi dapat membaca sekaligus menyampaikan isu global berkaitan dengan kekeringan maupun kebakaran hutan yang sering terjadi,” katanya.

Intinya, lanjut dia, konsep dari kalimat dalam spanduk adalah bicara tentang perubahan iklim. Tulisan itu konsen semata kepada lingkungan, tak ada kaitan sama sekali masalah politik.

Ditambahkan, apa yang ditulis, tak dalam kapasitas sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Merauke.

“Lalu tulisan itu saya bawa dari rumah dan berhenti di pertigaan Lepro. Begitu iring-iringan Presiden lewat, langsung saya ambil dari saku dan bentangkan. Memang dilihat dan rombongan juga sempat lari pelan. Entahlah apakah Presiden baca atau tidak,” katanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Merauke, Oktovina Amtop, mengatakan pihaknya telah mendengar jika Agustinus Mahuze membentangkan sehelai spanduk.

“Sebelum menjadi anggota Bawaslu, Agustinus adalah pejuang dan pemerhati lingkungan. Lalu yang dilakukan itu tak dalam kapasitas sebagai anggota Bawaslu,” tegasnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top