Follow our news chanel

Ahli faal olah raga berperan cetak atlet berprestasi

Papua
Ilustrasi latihan olah raga - Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Jayapura menggelar workshop dan sertifikasi ahli ilmu faal olahraga bagi pengurus, guru olah raga, dokter dan perawat setempat. Workshop dan sertifikasi tersebut baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Jayapura.

Workshop dan sertifikasi ini sangat penting dan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang olah raga dan kesehatan. Kegiatan seperti ini seharusnya dilaksanan oleh KONI Provinsi (Papua) guna mengukur kesiapan para pelatih dan atlet (sebelum bertanding),” kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, saat membuka workshop dan sertifikasi, Rabu (11/11/2020).

Ilmu faal olah raga merupakan pengetahuan dasar dalam kedokteran olah raga. Ilmu tersebut mempelajari perubahan organ-organ tubuh akibat aktivitas olah raga. Pengetahuan dalam ilmu faal olah raga bermanfaat dalam pembinaan prestasi atlet.

Workshop dan sertifikasi ini kesempatan langka, dan itu menjadi bekal dalam menjalankan tanggung jawab masing-masing. Papua menjadi tuan rumah PON (Pekan Olahraga Nasional) XX sehingga  percuma memiliki fasilitas olah raga mewah jika tidak didukung dengan kesiapan atlet dan pelatih profesional,” lanjut Awoitauw, yang juga Bupati Jayapura.

Ketua Umum Perhimpunan Ahli Ilmu Faal Olahraga Republik Indonesia (PAIFORI) Ambrosius Purba mengatakan workshop dan sertifikasi diselenggarakan untuk menambah wawasan mengenai ilmu keolahragaan dan teknologi. Setiap atlit maupun pelatih wajib memahami pengetahuan tersebut.

“Praktik lapangan (kebutuhan pada latihan dan pertandingan) setiap cabang olah raga tentu berbeda-beda. Dosis latihan, menu makanan maupun asupan gizinya. Workshop ini akan menjelaskan itu secara detail,” kata Ambrosius, yang juga narasumber workshop dan sertifikasi. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top