Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ahli sarankan berdayakan laboratorium daerah untuk konfirmasi covid-19

Laoratorium, pixabay.com
Ahli sarankan berdayakan laboratorium daerah untuk konfirmasi covid-19 1 i Papua
Laoratorium, pixabay.com

Kebijakan sentralisasi dalam hal konfirmasi hasil laboratorium pengujian Covid-19 saat ini cukup menyulitkan apalagi di daerah-daerah luar Jakarta.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Ahli epidemiologi dari Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat, Defriman Djafri merekomendasikan agar  pemerintah memberdayakan laboratorium di berbagai daerah untuk mengonfirmasi virus corona atau Covid-19. Kebijakan sentralisasi dalam hal konfirmasi hasil laboratorium pengujian Covid-19 saat ini cukup menyulitkan apalagi di daerah-daerah luar Jakarta.

“Pemerintah mungkin mempertimbangkan masalah keamanan dan sebagainya, tapi masing-masing daerah sebenarnya sudah ada lab yang bisa mengonfirmasi hasil dari COVID-19,” kata Defriman, Selasa, (17/3/2020).

Ia menilai selama ini uji laborat harus ke Jakarta, padahal suspect di daerah sehingga menyulitkan. “Selain pemberdayaan laboratorium daerah, pertimbangan karantina daerah-daerah tertentu terkait Covid-19 juga perlu diperhatikan,” kata Defriman menambahkan.

Hal itu mengingat penurunan distribusi penyakit cukup signifikan yang terjadi di China saat negara tersebut memberlakukan kebijakan karantina daerah dengan larangan masuk dan keluar orang-orang dari suatu daerah.

Pemberdayaan laboratorium di daerah itu seharusnya sudah dipersiapkan oleh pemerintah sehingga tidak menjadi panik di masyarakat yang bisa saja menimbulkan masalah baru. Apalagi, bagi masyarakat awam di sejumlah daerah masih ada yang melihat Covid-19 sebagai sesuatu yang asing sebab belum pernah terjadi sebelumnya.

Loading...
;

“Seolah-olah belum terjadi di Indonesia, padahal sebenarnya kita sudah pernah mengalami kasus pandemi lain misalnya cacar dan ini juga melibatkan upaya isolasi diri,” kata  Defriman, menjelaskan. (*)

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top