HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Akademisi: Masyarakat di kampung harus diberikan pendidikan politik

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Hiskia C.H Sapioper mengingatkan para pihak terkait, agar memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat di kampung dalam pelaksanaan pilgub Papua tahun ini.

Ia mengatakan, kedua pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Papua, tim suskes dan pihak terkait lainnya harus memberikan pendidikan politik yang baik.

Akademisi: Masyarakat di kampung harus diberikan pendidikan politik 1 i Papua

“Kalau masyarakat di wilayah perkotaan, bisa dikata mereka adalah pemilih terpelajar. Masyarakat di kampung ini yang harus dikelola dengan baik. Kalau tidak, rawan terjadi konflik horizontal,” kata Sapioper kepada Jubi, Selasa (10/4/2018).

Katanya, sebagian masyarakat yang perlu diberikan pendidikan politik baik tersebar di kampung di wilayah pegunungan, lembah, pesisir dan rawa. Untuk itu diharapkan bagaimana kedua paslon gubernur dan wakilnya memberikan contoh berpolitik yang baik.

“Dalam politik pasti ada strategi yang calon dan tim suksesnya pergunakan. Namun akar rumput di bawah masih kental dengan suku, agama dan ke daerahan. Ini yang harus diingat,” ucapnya.

Selain itu, Ketua Komisi I DPR Papua yang membidangi politik, hukum dan HAM, Ruben Magai berharap pihak penyelenggara dan aparat keamanan melaksanakan tugas tanpa berpihak kepada kandidat tertentu.

Loading...
;

Menurutnya, pilgub Papua diharapkan hanya berlangsung satu putaran agar tidak membebani APBD dan APBN.

“Kami juga harap pilkada tujuh kabupaten sama, berjalan aman dan tercipta stabilitas daerah yang baik,” ujar Magai.

Ia mengingatkan para tim sukses pasangan calon tidak saling menjatuhkan dan menjelekkan, karena tak ada orang yang tidak luput dari kesalahan. Jangan karena kepentingan politik sehingga mengungkit masa lalu orang lain atau menyudutkan pihak lain. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top