HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Akses keterbukaan informasi dorong pertumbuhan koperasi

Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Ahmad Musa, saat diwawancara – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Adanya kemajuan layanan dan keterbukaan terhadap publik, sehingga semua Kementerian Republik Indonesia membuka diri untuk program yang menyasar langsung masyarakat.

Hal ini menjadi angin segar bagi investasi baru untuk pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang koperasi. Kemajuan internet memudahkan semua porgram tersebut dapat diakses langsung.

Menurut Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Ahmad Musa, setiap tahun ada 7 persen atau 15 koperasi baru.

“Program kementerian memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang meningkatkan statusnya menjadi koperasi. Inilah yang menyebabkan setiap tahun ada koperasi baru di Kota Jayapura,” ujar Ahmad di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (7/11/19).

Dikatakan Ahmad, kementerian yang membuka program untuk kemasyarakatan saat ini adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Pertanian. Bantuan yang diberikan berupa alat-alat pengolahan sampai panen.

“Kalau tahun ini ada Anggaran Belanja Tambahan (ABT), mungkin tahun ini juga disiapkan. Program bantuan ini nantinya untuk 2020,” katanya.

Loading...
;

Terlepas dari itu, Ahmad mengimbau kepada kelompok masyarakat yang ingin menaikkan statusnya menjadi koperasi, agar sejak dini mempersiapkan diri sehingga koperasi yang dikelola dapat bermanfaat.

“Hingga November 2019 jumlah koperasi yang sudah terdata di Disperindagkop di Kota Jayapura ada 222. Paling banyak bergerak di bidang perdagangan ada 190, kalau koperasi simpan pinjam ada 30 saja,” jelasnya.

Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi menyatakan koperasi adalah mitra pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami sangat mendukung koperasi agar dapat berfungsi dan melaksanakan kegiatan perkoperasian yang baik, untuk kesejahteraan anggotanya dan warga yang ikut dalam koperasi tersebut,” tuturnya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top