Follow our news chanel

Previous
Next

Aksi donor sumbang 31 kantong darah di Nabire

Papua
Donor darah di Polres Nabire, Selasa (16/6/2020) -Jubi/Titus Ruban.
Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Aksi donor darah mengumpulkan sebanyak 31 kantong darah dari 36 pendonor di Polresta Nabire, Selasa (16/6/2020). Kegiatan itu berlangsung di Aula Rastra Samara, untuk memperingati Hari Bhayangkara 2020.

“Ada 36 pendonor, tetapi empat orang, di antaranya dinyatakan tidak memenuhi persyaratan (kesehatan). Mereka ada yang bertensi tinggi (tekanan darah tinggi), dan lain-lain,” kata Perwira Urusan Kesehatan Polres Nabire, Maria.

Para pendonor merupakan personel polisi dari jajaran Polres Nabire. Dari sebanyak 31 pendonor, 21 di antaranya bergolongan darah O. Adapun enam lainnya bergolongan darah A, dan tiga pendonor bergolongan darah B, serta satu pendonor bergolongan darah AB. Hasil donor tersebut akan disumbangkan ke seluruh unit transfusi darah di rumah sakit di Nabire.

“Kegiatan ini seharusnya dilakukan beberapa waktu lalu. Karena ada pembatasan aktivitas sosial (akibat pandemi Covid-19), baru dilaksanakan sekarang,” ujar Dokter Maria.

Aksi donor darah tetap mematuhi protokol kesehatan dalam penanggulangan penyebaran virus korona. Petugas maupun pendonor mengenakan alat perlidungan diri. Setiap pendonor juga menjalani uji cepat (rapid test) sebelum mendonorkan darahnya.

“Aksi ini sangat menolong pasien (yang membutuhkan transfusi darah) karena permintaan terus meningkat setiap hari. Kami juga mengimbau masyarakat (umum) aktif mendonorkan darah mereka,” kata Lanti Setiawati, Dokter Patologi Klinis Rumah Sakit Umum Daerah Nabire, menggapresiasi donor darah oleh Polres setempat. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top