HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Aktivitas cocok tanam tangkal penyebaran korona di Kampung Sereh

Papua
Warga mengolah lahan untuk ditanami sayur dan umbi di Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (8/7/2020) - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kampung Sereh dalam menanggulangi pandemi Covid-19 beserta dampaknya pada masyarakat setempat. Upaya itu berupa sosialisasi dan pencegahan terhadap resiko penularan korona, hingga pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Sejak awal kami telah melakukan sosialisasi (mengenai pencegahan korona kepada masyarakat), dan menerapkan secara ketat protokol kesehatan, hingga pemasangan portal di jalur keluar-masuk kampung,” kata Kepala Kampung Sereh Steven Eluay, Rabu ( 8/7/2020).

Pemerintah kampung di Distrik Sentani itu menyediakan sarana pencucian tangan di setiap lingkungan RT/RW. Mereka juga menggiatkan program ketahanan pangan yang biayai dari dana kampung.

“Anggaran sebesar Rp100 juta kami berikan kepada 10 kelompok tani. Mereka menggarap kebun dan bertanam sayur.  Sebagian hasilnya sudah dipanen, dan saat ini sedang digarap lagi sebanyak 1.000 bedengan seluas 4 hektare untuk ditanami yara (kembili),” kata Eluay.

Dia mengatakan gerakan bercocok tanam tersebut meminimalkan aktivitas warga ke luar kampung. Dengan demikian, program itu sekaligus mencegah resiko penularan korona di Kampung Sereh.

“Warga terfokus (sibuk) mengelola pertanian mereka sehingga aktivis keluar-masuk kampung menjadi berkurang. Selama ini, belum ada warga kami terindikasi terpapar korona karena mereka juga disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan aturan pembatasan aktivitas umum,” jelas Eluay.

Karlos Assa, warga Kampung Sereh mengatakan hasil panen mereka juga dibagikan kepada para tetangga yang membutuhkan sayur. “Sayur organik dipanen setelah (berusia) 28 hari (sejak ditanam). Selain dibawa pulang (dikonsumsi sendiri), hasil panen dibagikan kepada warga lain.” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top