TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Amerika : Ada konsekuensi bagi Cina jika membantu Rusia menghindari sanksi

sanksi AS Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Washington, Jubi – Amerika Serikat memperingatkan Cina akan menghadapi konsekuensi jika membantu Rusia menghindari sanksi berat karena memerangi Ukraina.  Hal itu disampaikan penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan yang dijadwalkan akan bertemu diplomat tinggi Cina Yang Jiechi di Roma pada Senin hari ini.

Tercatat Rusia meminta bantuan peralatan militer dari Cina setelah menginvasi Ukraina pada 24 Februari. “Gedung Putih khawatir Beijing dapat merusak upaya Barat untuk membantu pasukan Ukraina membela tanah airnya,’ kata sejumlah pejabat AS dikutip Antara dari .

Sullivan akan bertemu Yang untuk menjelaskan keprihatinan Washington dan menegaskan konsekuensi dan isolasi yang bakal dihadapi Cina secara global jika mereka meningkatkan dukungan kepada Rusia, kata seorang pejabat AS tanpa merinci.

Baca juga : Rusia dicurigai bentuk pemerintah boneka di Ukraina ini sikap Inggris
Rusia dan Cina hari ini diagendakan pembicaraan sikap agresif AS dan NATO
Rusia dukung militer Myanmar korban sipil tewas mencapai 91 orang

Juru bicara kedutaan Cina di Washington, Liu Pengyu mengatakan belum mendengar rencana pertemuan itu saat ditanya tentang permintaan bantuan militer dari Rusia.

Liu mengatakan situasi saat ini di Ukraina “membingungkan” dan mendorong semua upaya yang kondusif bagi penyelesaian damai krisis tersebut.

“Kami mendukung dan mendorong semua upaya yang kondusif bagi penyelesaian damai krisis tersebut,” kata Liu Pengyu, dikutip Antara dari Reuters, minggu, (13/3/2022).

Liu mengatakan upaya maksimal harus dilakukan untuk mendukung Rusia dan Ukraina melanjutkan negosiasi meskipun situasinya sulit untuk mencapai kesepakatan damai. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending


Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us